ANALISIS PROMOSI PENJUALAN DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PASIR GOWONG DI DESA NANGGEWER KECAMATAN PAGEURAGEUNG KABUPATEN TASIKMALAYA

Penulis

  • Fakhrul Rasyid Universitas Galuh
  • Ahmad Juliarso Universitas Galuh
  • Lina Marliani Universitas Galuh

Kata Kunci:

Pariwisata, Promosi Penjualan, Pengembangan Objek Wisata

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini mengenai tidak optimalnya promosi penjualan dalam pengembangan ojek wisata Pasirgowong di Desa Nanggewer Kecamatan Pageurageung Kabupaten Tasikmalaya, hal ini terlihat dari indikator adanya kupon atau undian gratis di Objek Wisata Pasirgowong dan adanya penginapan untuk para wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi penjual dalam pengembangan ojek wisata Pasirgowong di desa Nnggewer Kecamatan Pageurageung Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatid. Sumber data primer diperoleh dari 6 informan diantaranya: Kepala Desa, Sekertaris Desa, Ketua BUMDES, Ketua Karang Taruna, Ketua Paralayang dan pengunjung objek wisata dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan sumber data sekunder dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian tentang promosi penjualan dalam pengembangan objek wisata Pasirgowong di Desa Nanggewer Kecamatan Pageurageung Kabupaten Tasikmalaya.belum berjalan dengan optimal. Hal ini berdasarkan 2 (dua) indikator yang menjadi tolak ukur dengan menunjukkan 1 (satu) indikator belum berjalan dengan baik. Hambatannya yaitu belum tersedianya penginapan untuk para wisatawan dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah membuat rancangan anggaran baik untuk penyediaan penginapan bagi para wisatawan ataupun untuk penyediaan fasilitas lain yang mendukung pengembangan objek wisata Pasirgowong.

File Tambahan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles