KEANDALAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA CIPARIGI KECAMATAN SUKADANA KABUPATEN CIAMIS

Penulis

  • Dais Alawiyah Universitas Galuh
  • R. Didi Djadjuli Universitas Galuh
  • Wawan Risnawan Universitas Galuh

Kata Kunci:

Keandalan, Sumber Daya Manusia, Pelayanan

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya Keandalan Sumber Daya Manusia dalam Memberikan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui Badan Usaha Milik Desa di Desa Ciparigi Kecamatan Sukadana  Kabupaten Ciamis, hal ini dilihat dari sumber daya manusia yang ada di BUMDes kurang cepat responsif kepada pelanggan serta attitude yang kurang profesional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Keandalan Sumber Daya Manusia dalam Memberikan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keandalan SDM dalam memberikan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor belum optimal dikarenakan lemahnya kompetensi sumber daya manusia belum memahami prosedur pelayanan yang baik, sebagian petugas ada yang paruh waktu dengan pekerjaan lain sehingga kurang cepat dan responsif terhadap pelanggan serta kurang profesionalnya sikap petugas pelayanan masih terlihat tidak ramah dan membeda-bedakan pelanggan. Adapun upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan adanya evaluasi pengurus BUMDes dan pengawasan yang dilakukan secara berkala dari Pemerintah Desa maupun dari pengawas BUMDes, petugas pelayanan harus menerapkan 3 S (Senyum, Sapa, Salam) kepada setiap pelanggan

File Tambahan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles