ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN OBJEK WISATA CADAS NGAMPAR DI DESA GUNUNGSARI KECAMATAN SADANANYA KABUPATEN CIAMIS

Penulis

  • Sya’ibanulbahzah Ilammuttaqin E Univeristas Galuh
  • Imam Maulana Yusuf Univeristas Galuh
  • Wawan Risnawan Univeristas Galuh

Kata Kunci:

Pariwisata, Strategi Komunikasi, Pengembangan Objek Wisata

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini mengenai tidak optimalnya strategi komunikasi dalam pengembangan objek wisata Cadas Ngampar di desa Gunungsari, hal ini terlihat dari indikator adanya tindak lanjut kritik dan saran dari pengunjung, dan kolaborasi anatara pengelola unit objek wisata dengan pihak swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kominikasi dalam pengembangan objek wisata Cadas Ngampar di desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari 5 informan di antaranya: Kepala Desa. Ketua desa wisata, sekertaris desa wisata, manager unit wisata cadas ngampar, sekertaris unit wisata, dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan sumber data sekunder dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi partisipan, wawancara terstruktur, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan Conclusion Drawing / Verification. Hasil penelitian tentang strategi komunikasi dalam pengembangan objek wisata Cadas Ngampar di desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis belum berjalan dengan optimal. Hal ini berdasarkan pada 3 (tiga) indikator yang di ukur, dengan menunjukan 2 (dua) indikator belum berjalan berjalan dengan baik.  adanya kesenjangan antara harapan pengunjung dan kemampuan pengelola. Keterbatasan anggaran yang disebutkan mengindikasikan perlunya perencanaan keuangan yang lebih baik dan mungkin juga upaya untuk mencari sumber pendanaan alternatif, dan rendahnya minat terhadap wahana tambahan seperti body rafting dan camping mengindikasikan adanya ketidaksesuaian antara penawaran atraksi dengan preferensi pasar.

File Tambahan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles