KEPUASAN PELAYANAN E-PUSKESMAS DI PUSKESMAS PARIGI KABUPATEN PANGANDARAN

Penulis

  • Fia Khoerunisya
  • Wawan Risnawan
  • Ari Kusumah Wardani

Kata Kunci:

E-Puskesmas, Efektivitas, Pelayanan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi Kepuasan Pelayanan E-Puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran yang belum optimal. Hal ini terlihat dari adanya indikator permasalahan yaitu kemudahan dalam mengakses program e-puskesmas di Puskesmas Parigi.  Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kepuasan pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jumlah informan 6 orang. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kepuasan pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran belum berjalan dengan optimal. Dimana dari 2 indikator yang dijadikan alat ukur penelitian, terdapat 1 indikator yang belum optimal. Hambatan yang ditemukan dalam kepuasan pelayanan e-puskesmas di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran yaitu kemudahan masyarakat dalam mengakses program e-puskesmas di Puskesmas Parigi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan ini yaitu masyarakat yang akan berobat disediakan pendaftaran offline dengan datang langsung ke puskesmas dan akan dibuatkan resep obat secara manual tanpa mengakses e-puskesmas.

File Tambahan

Diterbitkan

2024-11-30

Terbitan

Bagian

Articles