STRATEGI KOMUNIKASI DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA DAERAH OLEH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PANGANDARAN
Kata Kunci:
Strategi, Pengembangan, Pariwisata, DaerahAbstrak
Latar belakang penelitian ini hasil observasi awal diketahui bahwa strategi komunikasi dalam upaya pengembangan pariwisata daerah oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran belum optimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi dalam pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melibatkan lima orang informan. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, studi lapangan (meliputi observasi dan wawancara), serta dokumentasi. Penulis menerapkan teknik analisis data kualitatif dengan mengolah data dari wawancara dan observasi untuk menarik kesimpulan, sehingga masalah penelitian dapat terjawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Belum optimalnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran dalam upaya pengembangan pariwisata melalui strategi komunikasi. Seperti strategi pengembangan pariwisata melalui siaran radio, film dokumenter, media luar ruangan, dan strategi pada media penyuluhan. Maka dari itu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran berupaya untuk melaksanakan komunikasi dengan berbagai pihak untuk membantu mengembangkan objek wisata dan melakukan optimalisasi potensi objek wisata.