KONSISTENSI PENANGANAN PENGADUAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN CIAMIS
Kata Kunci:
Konsistensi, Penanganan Pengaduan, Pelayanan, Administrasi KependudukanAbstrak
Hasil observasi awal diketahui bahwa masih kurangnya konsistensi dalam melakukan penanganan pengaduan pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsistensi penanganan pengaduan dalam upaya peningkatan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan informan 8 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, studi lapangan yang dilakukan dengan observasi dan wawancara serta dokumentasi. analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengolahan data hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsistensi penanganan pengaduan dalam upaya peningkatan pelayanan administrasi kependudukan belum berjalan dengan baik karena kurangnya konsistensi petugas dalam melakukan pengecekan dan menindaklanjuti setiap pengaduan yang disampaikan.