PERANCANGAN ULANG SISTEM ANTRIAN PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT
DOI:
https://doi.org/10.25157/jig.v1i1.2985Keywords:
Antrian, Jasa, Pelayanan, Unit Rawat JalanAbstract
Kualitas pelayanan kesehatan perlu diperhatikan demi kepentingan orang banyak, termasuk di antaranya unit rawat jalan di sebuah rumah sakit. Pada Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda terdapat tiga tahapandengan jumlah server berbeda, yakni pendaftaran di loket registrasi yang dilayani dua orang server sertapemeriksaan oleh suster dan kemudian oleh dokter di poliklinik umum. Poliklinik yang paling ramaidimanfaatkan oleh pasien adalah poli umum. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa data kecepatankedatangan berdistribusi eksponensial sementara data kecepatan pelayanan berdistribusi Poisson. Makaperhitungan dapat dilakukan dengan menggunakan rumus model antrian baku. Perbaikan yang sebaiknyadilakukan ialah loket registrasi tetap dilayani oleh 2 orang tenaga server mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00. Sementara pukul 12.00 hingga 14.00 dilayani hanya oleh 1 orang tenaga server. Pemeriksaan suster di poli umum tetap dilayani oleh 1 orang suster. Namun dalam keadaan tertentu suster bertugasdapat dibantu oleh suster lain jika diperlukan, mengingat kerjanya yang fleksibel. Pemeriksaan dokter dipoli umum dilayani oleh 3 orang dokter mulai pukul 08.00 hingga 12.00. Jumlah tersebut dapat dikurangimenjadi 2 orang dokter mulai pukul 12,00 hingga 14.00.