PENERAPAN KANSEI ENGINEERING PADA PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM
DOI:
https://doi.org/10.25157/jig.v1i02.2992Keywords:
Ciamis, Desain Produk, Kansei Engineering, Kemasan, UMKMAbstract
UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian rakyat di Indonesia yang telah terbukti tidak terpengaruh terhadap krisis moneter pada tahun 1998. Sehingga UMKM dinilai sebagai salah satu bentuk alternatif strategi peningkatan perekonomian di Indonesia yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Kabupaten Ciamis sebagai salah satu tujuan wisata provinsi Jawa Barat, dikenal dengan berbagai jenis UMKM di sektor pangan. Salah satunya yakni UMKM Rengginang, dimana menurut hasil survei pendahuluan, UMKM tersebut berpotensi untuk dikembangkan. Namun seperti halnya kelemahan pada produk lokal saat ini, desain kemasan Rengginang Berkah masih terkesan tradisional dan kurang menarik minat konsumen untuk membeli, khususnya sebagai oleh-oleh khas Ciamis. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk merancang ulang desain display kemasan produk Rengginang menggunakan Kansei Engineering, guna menghasilkan desain yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan perasaan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 item desain produk, nilai koefisien korelasi yang paling besar adalah item 1 (0.84548), yaitu warna. Hal ini menandakan bahwa item warna paling berpengaruh dalam pembentukan citra dari sembilan kata Kansei dibandingkan item-item lainnya. Desain baru kemasan rengginang hasil pendekatan Kansei Engineering, memiliki spesifikasi yang paling dominan dalam pembentukan citra kesembilan kata Kansei. Spesifikasinya antara lain: dua warna, bentuknya tabung, bahan terbuat dari pastik, dan gambar pendukungnya icon daerah. Spesifikasi desain tersebut menjadi acuan dalam mendesain kemasan rengginang. Dengan kemasan produk yang telah dirancang ulang tersebut, penelitian ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah di bidang ekonomi, khususnya Kabupaten Ciamis dalam program pengembangan UMKM dan peningkatan eksistensi produk lokal, yakni dengan meningkatkan nilai jual produk UMKM Rengginang khas Ciamis.