RUMUSAN STRATEGI INDUSTRI KECIL DAN RUMAH TANGGA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN (STUDI PADA INDUSTRI SEKTOR MAKANAN DI KECAMATAN CIPAKU)
DOI:
https://doi.org/10.25157/jig.v1i02.2994Keywords:
Industri Kecil dan Rumah Tangga, Rumusan Strategi, General Electric, Boston Consulting Group, SWOTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan karakteristik Industri Kecil dan Industri Rumah Tangga, yang kemudian akan dirumuskan alternatif strategi bagi Industri Kecil dan Industri Rumah Tangga dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini demikian penting untuk dilakukan mengingat bahwa UKM mempunyai peranan yang penting dalam pertumbuhan ekonomi dan industri suatu negara. Hampir 90% dari total usaha yang ada di dunia merupakan kontribusi dari UKM. Dalam era lobalisasi ekonomi dan perdagangan bebas tersebut, UKM akan dihadapkan pada permintaan pasar yang berubah cepat. Dalam membuat Rumusan alternatif strategi digunakan analisis perumusan strategi yaitu GE (General Electric), BCG (Boston Consulting Group), dan SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats). Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode pengumpulan data diantaranya adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah (1) karakteristik Industri Kecil dan Industri Rumah Tangga dan (2) rumusan strategi bagi Industri Kecil dan Rumah Tangga dalam menghadapi persaingan usaha.