ANALISIS KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT. BPR NUSUMMA JAWA BARAT CABANG SINGAPARNA MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.25157/jig.v7i2.5109Keywords:
Importance Performance Analysis (IPA) Indek Kepuasan Karyawan, AtributAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepentingan atribut-atribut kepuasan karyawan sebagai dasar dalam penyusunan strategi peningkatan kinerja di PT. BPR Nusamba Jawa Barat Cabang Singapura. Indikasi kinerja karyawan yang ada menunjukkan masih ada beberapa karyawan yang tidak memenuhi target. Responden dari penelitian ini berjumlah 30 orang karyawan dan metode pengolahan data dengan Importance Performance Analysis (IPA) serta pengukuran Indek Kepuasan Karyawan (IKK). Dari hasil perhitungan IKK diperoleh nilai sebesar 78,64% menunjukkan bahwa secara umum karyawan cukup puas. dan hasil analisa dengan IPA hasil plotting pada diagram kartesius dari 10 variavel, terdapat 1 varibel yaitu P4 yang harus menjadi prioritas utama perbaikan dengan atribut kesempatan untuk berkembang dan belajar di perusahaan, dengan skor ketidaksesuaian 90%. Selain P4 perlu adanya perbaikan di beberapa atribut yaitu pada Variabel P2,P5,P7 dan P9 dengan skor ketidaksesuaian 97%,93%,97% dan 98%
							
 
              
                  
