ANALISIS STRUKTUR MIKRO DAN KEKERASAN ROCKWELL SAMBUNGAN LAS SHIELDING METAL ARC WELDING PADA PEGAS DAUN MOBIL PS 120
Abstract
Pengelasan SMAW menjadi salah satu cara untuk menyambungkan logam dengan
bantuan bahan pengisi yang sesuai penyambungan dapat dilakukan. Pengelasan pada
pegas daun mobil dilakukan karena sering terjadinya patah pada pegas daun tersebut,
dengan menggunakan cara ini dinilai lebih ekonomis sehingga banyak digunakan
oleh para pengguna mobil truk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
penyebab terjadinya patah (crack) pada daerah HAZ (Heat Affected Zone) dan pada
pegas daun mobil yang sudah dilakukan penyambungan oleh pengelasan. Pengujian
yang digunakan adalah pengujian struktur mikro dan pengujian kekerasan rockwell,
pengujian ini dilakukan pada daerah logan las, daerah HAZ (Heat Affected Zone)
dan daerahlogam induk. Hasil pengujian struktur mikro pada daerah logam las
didominasi oleh ferit, pada daerah HAZ (Heat Affected Zone) didominasi oleh perlit
dan pada daerah logam induk seimbang antara ferit dan perlit. Didukung dengan
hasil pengujian kekerasan rockwell pada daerah logam las 87,8 pada daerah HAZ
(Heat Affected Zone) 115,63 dan pada daerah logam induk 115,15. Hasil dari
pengujian kekerasan sesuai dengan struktur mikro pada setiap daerahnya