PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK KREMES UBI MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING PADA UKM BUNGUR DI KUNINGAN

PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK KREMES UBI MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING PADA UKM BUNGUR DI KUNINGAN

Authors

  • Mohamad Agus Maulana Mohamad Agus Maulana Teknik Industri Universitas Galuh

Abstract

UKM Bungur merupakan sebuah Usaha yang memproduksi olahan ubi jalar yaitu, kremes ubi. Olahan ubi jalar tersebut merupakan bentuk lain dari pemanfaatan tanaman umbi umbian hasil pertanian masyarakat Bandorasa kulon, produksi dan pemasarannya sendiri kremes ubi bungur bisa kita jumpai di Kuningan, Jawa Barat maupun luar daerah. tingginya permintaan konsumen terhadap produk tersebut tidak didukung oleh perancangan desain kemasan yang lebih bagus dan inovatif, seharusnya produk tersebut melakukan pembaharuan yaitu, dari aspek kemasan melalui pendekatan keinginan konsumen. Hal tersebut dirasa penting tidak lain agar produk tersebut tetap tumbuh dan dapat terus bersaing di pasaran. Tujuan dilakukannya Perancangan Desain Kemasan Produk Kremes Ubi pada UKM Bungur yaitu untuk memenuhi kebutuhan sekaligus memberikan masukan terhadap desain kemasan produk, sesuai dengan perasaan dan keinginan konsumen. Hal tersebut perlu dilakukan agar produk memiliki citra dan daya tarik yang akan memberikan kesan pada konsumen untuk membeli produk tersebut, sehingga penjualan produk akan terus meningkat karena permintaan konsumen yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa desain kemasan produk kremes ubi menggunakan metode kansei engineering pada UKM Bungur adalah berbentuk standing pouch, mempunyai warna baground lebih dari dua warna dengan materialnya berbahan dasar plastik dan memiliki gambar pendukung yaitu suasana lingkungan sekitar Kabupaten Kuningan. Dengan item pendukung yang dihasilkan dari analisis faktor uji MSA (Measure of Sampling Adequacy) yaitu, menarik, higienis, unik, mudah dibawa, mudah disimpan, dan memiliki informasi yang lengkap.

Additional Files

Published

2020-11-21