STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK JERSEY PEMBALAP GASSTRACK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDY KASUS DI UKM MUTIARA DIGITAL PRINTING BANJAR)

Authors

  • Adi Maulana Y Adi Maulana Y Teknik Industri

Keywords:

Pengembangan Produk, Metode Quality Function Depolyment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk jersey Pembalap Grasstrack di UKM Mutiara Digital Printing Banjar dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) dengan studi kasus: Konsumen dan karyawan UKM Mutiara Digital Pinting Banjar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk jersey pembalap Grasstrack di UKM Mutiara Digital Printing Banjar. Sampel penelitian dipilih dengan mengunakan Teknik sampling sistematik dan diperoleh sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada konsumen UKM Mutiara Digital Printing Banjar. Data dianalisis dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa atribut-atribut yang dianggap penting aleh konsumen dan penerapan QFD mampu mengidentifikasi 11 atribut-atribut pada produk jersey di UKM Mutiara Digital Printing Banjar yang dianggap penting oleh konsumen, yaitu 1) Bahan baku yang bagus, 2) Ukuran jersey yang presisi, 3) Banyak katalog design yang ditawarkan, 4) Kualitas yang baik pada jahitan produk pakaian, 5) Kualitas produk sesuai dengan harga yang ditawarkan, 6) Keramahan karyawan dalam melayani konsumen, 7) Bahan yang nyaman pada bagian ketiak dan pinggang ketika digunakan saat panas, 8) Bahan yang nyaman dan lentur pada bagian tangan ketika digunakan saat panas, 9) Adanya informasi mengenai produk, 10) Kerapihan dalam packing produk, 11) Adanya kontak person jika konsumen mengalamai masalah yang berkaitan dengan produk.

Untuk meningkatkan kaulitas dari produk jersey tersebut maka perlu dilakukan perbaikan pada desain produk, yaitu: 1) Penggunaan bahan jaring pada bagian ketiak dan pinggang agar tidak panas, 2) Penggunaan bahan kain sutra pada bagian tangan agar lentur dan tidak panas, 3) Membuat pola ukuran jersey yang presisi. Kemudian perbaikan dan peningkatan kualitas pada pelayanan karyawan perusahaan pada konsumen.

Kata Kunci: Pengembangan Produk, metode Quality Function Deployment.

Additional Files

Published

2020-11-21