PENERAPAN METOTE MARK-UP PRICING UNTUK MENENTUKAN HARGA JUAL KAOS POLOS PADA UKM SUCKSEED KONVEKSI DI TASIKMALAYA
Keywords:
Perilaku Agribisnis, Lahan, Petani ManggaAbstract
Abstrak— Suckseed Konveksi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi kaos polos dan kemeja. Untuk saat ini perusahaan menetapkan harga jual belum menggunakan metode dan masih dengan penetapan manual. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan harag jual kaos polos pada perusahaan Suckseed Konveksi dengan menggunakan metode Mark-Up Pricing mengetahui harga jual kaos polos pada perusahaan Suckseed Konveksi. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi langsung ke perusahaan untuk menanyakan modal yaitu biaya bahan baku, dan biaya produksi. Setelah didapat data mentah kemudian dihitung menggunakan metode Mark-Up Pricing dan didapatkan hasil untuk harga pokok penjualan kaos polos per unit. Apabila keuntungan yang ingin didapat 50% yaitu sebesar Rp. 7.124,58 dan harga jualnya adalah Rp. 11.399,33. Dengan demikian perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain yang menjual produk serupa atau sama.
Kata kunci—harga jual, Mark-Up Pricing.