STRATEGI PEMASARAN PRODUK PIKSET UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING VOLUME PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS IKM JAYASARI CIPAKU CIAMIS)

Authors

  • Rai Maulana Teknik Industri Universitas Galuh

Keywords:

SWOT, dan analytical hierarchy Process (AHP)

Abstract

IKM Jayasari merupakan perusahaan bergerak di bidang makanan ringan, salah satu jenis nya yaitu kripik pikset. Dalam penjualannya ada penurunan karena banyak pesaing yang produknya sama. Untuk itu dibutuhkan strategi pemasaran yang mampu berdaya saing, agar produk pikset kembali mampu berdaya saing di pasaran. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode Strengths, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil dari SWOT yaitu terdapat pada kuadran II yaitu strategi diversifikasi dimaksudkan situasi ini menggambarkan suatu perusahaan yang menghadapi tantangan dan ancaman yang berat. Oleh karena itu perusahaan disarankan memanfaat teknologi dan harus mampu memulai  berinovasi terhadap produknya kemudian hasil dari AHP yaitu terdapat prioritas alternatif tertinggi untuk strategi permasaran yaitu prioritas pertama dengan bobot prioritasnya yaitu 0,580, kemudian prioritas kedua inovasi dengan bobot prioritasnya yaitu 0,283, kemudian prioritas ketiga yaitu manajemen produksi dengan bobot prioritasnya 0,137.

Additional Files

Published

2020-11-21