OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX PADA IKM JAYASARI DI CIPAKU KABUPATEN CIAMIS

Authors

  • RIZAL ADITYA PRATAMA TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GALUH

Keywords:

Distribusi, Saving Matrix, VRP, Optimasi, Rute.

Abstract

Distribusi adalah aktivitas menyalurkan atau mengirimkan barang dan jasa supaya sampai hingga konsumen akhir. IKM Jaya Sari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan ringan salah satunya adalah keripik singkong yang berlokasi di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Permasalahan dari distribusi yang digunakan oleh IKM Jayasari adalah tidak dilakukannya penggabungan pengiriman ke dalam satu rute pengiriman, permasalahan ini menimbulkan pemborosan biaya distribusi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai optimasi rute distribusi yang dapat meminimalkan biaya distribusi pada IKM Jayasari.

Permasalahan yang diselesaikan pada penelitian ini meliputi bagaimana rute distribusi yang digunakan oleh IKM Jayasari saat ini dan bagaimana optimasi rute distribusi yang dapat meminimalkan biaya distribusi. Dalam menentukan optimasi rute distribusi, digunakan metode Saving Matrix.

Berdasarkan dari hasil penelitian, didapatkan perbandingan biaya distribusi antara rute saat ini dengan total jarak tempuh 3.896 kilometer dengan biaya senilai Rp. 2.270.120 dengan hasil optimasi rute distribusi yang menempuh total jarak 1.948 kilometer dengan biaya senilai Rp. 1.135.060. Penghematan yang didapat adalah senilai RP. 1.135.060 dengan penghematan jarak tempuh 1.948 kilometer. Dari data tersebut menunjukan bahwa optimasi rute distribusi dengan menggunakan metode Saving Matrix dapat meminimalkan biaya distribusi pada IKM Jayasari.

Additional Files

Published

2020-11-21