SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RAD (RAPID APPLICATION DEVELOPMENT) DI SMK MUHAMMADIYAH KAWALI

Penulis

  • Nana Yudi Permana Universitas Galuh
  • Luki Seftian Universitas Galuh
  • Maulana Sidiq Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jmsig.v2i1.5403

Kata Kunci:

Online SPP Payment, Web Application, School Financial Management, PHP MySQL Application

Abstrak

Pengembangan sistem pembayaran SPP berbasis web ini untuk mendapatkan solusi digital Tujuan utamanya adalah untuk membuat dan membangun sebuah aplikasi yang akan membuat orang tua dan siswa lebih mudah membayar SPP. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan pengendalian dan akurasi data keuangan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD) untuk mencapai tujuan tersebut. Metode ini dipilih karena fokusnya pada siklus pengembangan yang cepat dan berulang. Sistem pembayaran ini dibuat dan dirancang menggunakan teknologi web yang kuat.Bagian back-end menangani logika dan pemrosesan data menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Referensi

Al-Maulid, H., Rahaningsih, N., & Ali, I. (2024). Implementasi Agile Dalam Pengembangan E- Commerce Untuk Penjualan Baju Distro: Studi Kasus Victorem Store. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(2), 2227–2

Bariah, S. H., & Putera, M. I. (2020). Penerapan Metode Waterfall Pada Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Petik, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.721

Hermanto, A. (2021). No Title. Metode Pengembangan Sistem Rad. https://agus- hermanto.com/blog/detail/metode-pengembangan-rad-rapid-application-development

Ningsih, D. C. U. (2015). Sistem Informasi Pengelolaan Data Pembayaran SPP pada Sekolah SMA Pahlawan Jember.

Noviantoro, A., Silviana, A. B., Fitriani, R. R., & Permatasari, H. P. (2022). Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Sewa Lapangan Badminton Wilayah Depok Berbasis Web. Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 88–103. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.108

Priyaungga, B. A., Aji, D. B., Syahroni, M., Aji, N. T. S., & Saifudin, A. (2020). Pengujian Black Box pada Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Teknik Equivalence Partitions. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 3(3), 150. https://doi.org/10.32493/jtsi.v3i3.5343 Rosa, A. S., & Shalahudin, M. (2019). Open Library - Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur

dan berorientasi objek. In Informatika (pp. 1–12). Informatika Bandung.

Tegar, M. A., Ulhaq, M. W., & Rosyani, P. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Berbasis Webdi Smp Paramarta Kota Tangerang Selatan. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika, 2, 23–34.

Vetdri, A. A., Mulyono, H., & Junaidi, S. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Desktop pada SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2446–2457.

Diterbitkan

2025-10-28

Cara Mengutip

Yudi Permana, N., Seftian, L., & Sidiq, M. (2025). SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RAD (RAPID APPLICATION DEVELOPMENT) DI SMK MUHAMMADIYAH KAWALI. Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi Galuh, 2(1), 188–201. https://doi.org/10.25157/jmsig.v2i1.5403