PENGEMBANGAN USER INTERFACE (UI) WEBSITE PT.SAAMPARAN DIGITAL GRUP DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING (STUDI KASUS : PT.SAAMPARAN DIGITAL GRUP)
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmsig.v2i1.5446Kata Kunci:
User Interface, Website, Kansei Engineering, Design, MockupAbstrak
Perkembangan teknologi website memudahkan pengembang dalam merancang produk yang sesuai kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan menghasilkan rancangan desain User Interface (UI) dengan pendekatan Kansei Engineering Type I untuk memperoleh desain yang mewakili preferensi emosional pengguna. Proses penelitian mencakup penentuan Kansei word, penyusunan skala Semantic Differential, pengumpulan spesimen, serta klasifikasi elemen desain. Analisis dilakukan menggunakan Coefficient Correlation Analysis (CCA), Principal Component Analysis (PCA), dan Factor Analysis (FA). Hasil analisis diterjemahkan ke dalam elemen desain menggunakan Partial Least Square (PLS).
Referensi
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM d. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2640–2651.
Kholik, A., Soegiarto, A., Sari, W. P., & Negeri, U. (2024). Strategi Komunikasi Visual dalam User Interface ( UI ) dan User Experience ( UX ) Untuk Membangun Kepuasan Pengguna. 4.
Megasyah, Y. (2019). Implementasi Kansei Engineering pada Aplikasi E-learning Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 9(2), 165. https://doi.org/10.21456/vol9iss2pp165-176
Purnama, M. A., & Rinandi, F. R. (2023). Application of Kansei Engineering Method in Website Interface Design (Case Study: Walanja Online Travel Agent). Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1).
Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, D., & Barus, B. (2022). Desain Poster Menarik Memanfaatkan Canva. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 448–
456. https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2904
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141








