KONTRIBUSI PELATIHAN DIGITAL MARKETING BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI PEMASARAN IKM (INDUSTRI KECIL MENENGAH)
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmt.v9i2.2935Keywords:
Digital Marketing, Gamifikasi, Kompetensi PemasaranAbstract
Dewasa ini IKM makanan di Ciamis menghadapi tantangan persaingan pasar di era digital, dimana umumnya IKM makanan di Ciamis basis pemasarannya masih menggunakan cara-cara tradisional, sehingga selalu tertinggal dari IKM makanan yang telah menggunakan pemasaran digital, hal tersebut disebabkan masih sangat kurangnya pengetahuan dan pemahaman pelaku usaha IKM makanan di Kabupaten Ciamis tentang sistem digital marketing telah menjadi andalan dalam dunia pemasaran saat ini dan telah menjadi bagian perekonomian nasional yang berpotensi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, kontribusi pelatihan dalam peningkatan akses dan jangkauannya sangat dibutuhkan untuk bisa menghadapi persaingan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah menentukan kontribusi pelatihan digital marketing berbasis gamifikasi terhadap kompetensi pemasaran IKM Makanan di Kabupaten Ciamis. Metode penelitian menggunakan survai eksplanatori, teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Menentukan sampel digunakan teknik sensus. Teknik analisis data untuk mengetahui kontribusi antara variabel digunakan koefisien korelasi Pearson, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelatihan digital marketing berbasis gamifikasi pada IKM makanan secara umum masih dianggap kurang. Kompetensi pemasaran IKM makanan di Kabupaten Ciamis secara umum masih tergolong pada katagori sedang karena masih fluktuatifnya tingkat penjualan. menunjukan bahwa pelatihan digital marketing memiliki kontribusi terhadap kompetensi pemasaran IKM di Kabupaten Ciamis adalah sebesar 68,72 %, dan sisanya sebesar 31,28 % kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti