PENGARUH TRANSFORMASI ETIKA BISNIS TERHADAP LAYANAN INDUSTRI PERBANKAN SYARIAH
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmt.v9i2.2936Keywords:
Etika Bisnis, Layanan Industri, Perbankan SyariahAbstract
Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasikan gagasan mengenai sistem pengawasan transformasi etika bisnis dalam industri perbankan syariah, tantangan transformasi etika bisnis Islam dalam industri perbankan syariah, serta tindakan penyelesaiannya. Tujuan penelitian adalah untuk menetukan pengaruh transformasi etika bisnis terhadap layanan industri perbankan syariah masa kini. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, dan analisis data dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat problema yang mesti disikapi dengan pendekatan transendental pada transformasi prinsip dasar etika bisnis Islam yang diimplementasikan perbankan syariah guna meningkatnya pelayanan bisnis Islami. Untuk mencapai hal tersebut, maka perlu sinergitas stakeholder, baik eksternal maupun internal dalam mengatasi berbagai problem bisnis Islam pada industri perbankan syariah masa kini yang semakin elastis dan menembus ruang dan waktu. Hasil pengujian statistik diketahui etika bisnis mempunyai pengaruh sebesar 58,52% terhadap layanan industri perbankan syariah dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, kemudian hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis diterima, karena terbukti kebenarannya, artinya etika bisnis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap layanan industri perbankan syariah.