DAMPAK MORAL PEGAWAI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DI PT. PRISMA SURYA GEMILANG CIAMIS

Authors

  • Idan Setiari UNIVERSITAS GALUH

DOI:

https://doi.org/10.25157/jmt.v10i2.3771

Keywords:

Moral Pegawai, Komitmen Organisasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan pegawai PT. Prisma Surya Gemilang Ciamis. Kemudian penelitian ini juga dipokuskan pada dampak moral pegawai terhadap komitmen organisasi di PT. Prisma Surya Gemilang Ciamis.

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini berkisar masih rendahnya moral pegawai terhadap komitmen organisasi di PT. Prisma Surya Gemilang Ciamis. Dengan demikian pokok persoalan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah dampak moral pegawai terhadap komitmen organisasi pada PT. Prisma Surya Gemilang Ciamis.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak moral pegawai terhadap komitmen organisasi di PT. Prisma Surya Gemilang Ciamis. Kemudian metode yang digunakan dalam peneneltian ini adalah metode yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan  pemecahan masalahnya menggunakan analisis statistik berdasarkan data kuantitatif melalui angket atau kuisioner sebagai subyek penelitian.

Hasil penelitian menunjukan bahwa moral pegawai terbukti berpengaruh terhadap komitmen organisasi pada PT. Prisma Surya Gemilang Ciamis sebesar 7039 atau 70,39% dan  sisanya sebesar 2961 atau 29,61% dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian berdasarkan hasil pengujian statistik diketahui bahwa dampak moral pegawai terhadap komitmen organisasi pada PT. Prisma Surya Gemilang Ciamis diperoleh skor sebesar 12,814 atau 95%. Selanjutnya untuk kebenaran hipotesis diperoleh hasil bahwa t hitung lebih besar dari ttabel yaitu 12,814 > 2.00. Hal ini berarti moral pegawai berpengaruh terhadap komitmen organisasi.

Additional Files

Published

2024-03-04

How to Cite

Setiari, I. (2024). DAMPAK MORAL PEGAWAI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DI PT. PRISMA SURYA GEMILANG CIAMIS. Jurnal Media Teknologi, 10(2), 95–102. https://doi.org/10.25157/jmt.v10i2.3771