ANALISIS KARAKTERISTIK KONSUMEN DAN INTERAKSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK BARU PADA IKM BOGA RASA
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmt.v11i1.4223Keywords:
Karakteristik Konsumen, Interaksi Konsumen, Produk BaruAbstract
Fenomena persaingan antar produk saat ini mengharuskan perusahaan untuk merancang dan menetapkan strategi bersaing yang tepat untuk saling merebut pangsa pasar (market share) ditengah banyak dan beragam produk yang serupa. Sala satu strategi perusahaan adalah dengan menciptakan inovasi produk yang harus bisa menciptakan keunggulan komptetitif yang berkelanjutan dalam perubahan lingkungan yang cepat menuju pasar. Konsumen sering membandingkan produk baru akan kalah jauh lebih baik dari produk sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara parsial maupun simultan karakteristik konsumen dan interaksi konsumen terhadap produk baru pada industri kerupuk Boga Rasa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey eksplanatori, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kerupuk yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti, sehingga penentuan sampel digunakan untuk populasi yang tidak diketahui yaitu digunakan rumus cochran sehingga sampel menjadi n = 97 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial karakteristik konsumen memiliki pengaruh sebesar 23,6% terhadap produk baru, interaksi konsumen memiliki pengaruh sebesar 71,7% terhadap produk baru, adapun pengaruh secara simultan karakteristik konsumen dan interaksi konsumen terhadap produk baru Boga Rasa adalah 95,3 %, sedangkan pengaruh dari variabel yang tidak diteliti adalah sebesar 4,7%. Hasil pengujian hipotesis baik secara simultan maupun secara parsial diketahui bahwa hipotesis teruji kebenarannya, dengan demikian karakteristik konsumen dan interaksi konsumen mempunyai pengaruh positif dan berarti terhadap produk baru IKM Boga Rasa.