PENERAPAN GO DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA UMKM GALENDO (Studi Kasus di PD Rasa Galendo Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat )

Authors

  • Deassy Ratna Juwita Sari UNIVERSITAS GALUH
  • Maria Nurhayaty Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jmt.v11i1.4224

Keywords:

Digital Marketing, STP, SWOT

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat seiring dengan peningkatan penggunaan berbagai platform digital oleh berbagai kalangan masyarakat, khususnya di masa pandemi. Percepatan adaptasi digital ini terus berlanjut setelah pandemi dan membawa dampak bagi peningkatan aktivitas ekonomi, salah satunya di sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Saat ini UMKM sedang dalam tren yang positif dengan jumlahnya yang terus bertambah setiap tahunnya. Tren positif ini akan berdampak baik bagi perekonomian di Indonesia. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia bisa dibilang bertumbuh sangat pesat. Di tahun 2023, jumlah UMKM di Indonesia telah mencapai 66 juta (Kementrian koperasi dan UKM,2024). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi digital marketing yang dilakukan PD Rasa Galendo dan Menguraikan bahwa digital marketing memiliki peran dalam memasarkan sebuah produk pada saat ini. Target dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan digital marketing pada usaha PD galendo.Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat proses bisnis perusahaan. STP digunakan untuk mengetahui kondisi dan potensi pasar perusahaan. Sedangkan analisis Marketing Mix digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang telah, dan sebaiknya diterapkan oleh PD rasa galendo

Additional Files

Published

2024-09-12

How to Cite

Deassy Ratna Juwita Sari, & Maria Nurhayaty. (2024). PENERAPAN GO DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA UMKM GALENDO (Studi Kasus di PD Rasa Galendo Kelurahan Cigembor Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat ). Jurnal Media Teknologi, 11(1), 11–17. https://doi.org/10.25157/jmt.v11i1.4224