PENGARUH PENGALAMAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmt.v11i2.4736Keywords:
Pengalaman Konsumen, Kepercayaan Konsumen, dan Keputusan PembelianAbstract
Berkembangnya bisnis online di Indonesia telah merubah sebagian perilaku konsumen dari kebiasaan berbelanja di toko atau pusat perbelanjaan ke penggunaan e-commerce atau marketplace. Konsumen merasa dimudahkan dan diuntungkan dengan adanya marketplace yang menyediakan berbagai macam kebutuhan hanya dengan membuka website dan mencari toko yang menyediakan barang yang dibutuhkan melalui handphone. Tetapi dengan berbagai kemudahan dan keuntungan tersebut, konsumen dituntut untuk selektif memilih produk dan penyedianya mengingat konsumen hanya dapat melihat produk yang ditawarkan online shop pada markeplace melalui foto. Masih sering terjadi kasus penipuan oleh online shop di antaranya barang yang dikirim tidak sesuai yang dijanjikan atau tidak sesuai dengan foto yang ditawarkan online shop tersebut. Hal ini disebabkan karena konsumen tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan penjual dan melihat secara fisik kualitas produk yang ditawarkan, sehingga pengalaman dan sistem kepercayaan menjadi modal utama dalam setiap transaksi jual beli online. Metode penelitian yang digunakan adalah survai eksplanatori, metode pengumpulan data melalui kuisioner. Teknik analisis data untuk mengetahui pengaruh antara variabel menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan konsumen mempunyai pengaruh individual yang terbesar yaitu 49,7 % terhadap keputusan pembelian, sedangkan pengalaman konsumen mempunyai pengaruh lebih rendah yaitu sebesar 27,9 % terhadap keputusan pembelian, artinya keputusan pembelian produk pada marketplace sebagian besar ditimbulkan oleh kepercayaan konsumen. Namun demikian pengalaman konsumen dan kepercayaan konsumen secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan keputusan pembelian produk pada marketplace.