DIGITALISASI MARKETING BERBASIS SEM SEBAGAI STRATEGI MARKETING UMKM PADA ORGANISASI PERSIKINDO DPC KABUPATEN CIAMIS
Digitalisasi Marketing Berbasis SEM Sebagai Strategi Marketing UMKM pada Organisasi Persikindo DPC Kabupaten Ciamis
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmt.v12i1.5207Keywords:
UMKM, strategi marketing, digitalisasi marketing, SEMAbstract
Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) DPC Ciamis merupakan organisasi wanita yang mewadahi para pelaku UMKM khususnya wanita se Kabupaten Ciamis. Organisasi Persikindo ini menjadi wadah organisasi untuk mengembangkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Ciamis melalui pemberdayaan UMKM. Organisasi ini menjadi strategi untuk mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis salah satunya di bidang Pengembangan UMKM. Metode yang digunakan adalah rencana kegiatan yang akan dilakukan dalam pengabdian ini diantaranya, tim pengabdi melakukan Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan kegiatan pengabdian, kemudian dengan melakukan penyuluhan dan pendampingan . Partisipasi mitra dalam kegiatan pengabdian ini ialah menjadi peserta penyuluhan, peserta pelatihan penggunaan website dan peserta pendampingan pembuatan iklan menggunakan domain dan mendaftarkan produk pada platform pemasaran digital. Mitra yang merupakan anggota Persikindo DPC Ciamis ini akan dilatih membuat iklan sehingga nantinya mereka akan mmapu membuat iklan secara mandiri dan dapat memasarkan produk UMKM dengan jangkauan yang lebih luas lagi.