PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. TELKOM BANJARAN
PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. TELKOM BANJARAN
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmt.v12i1.5353Keywords:
Balanced Scorecard, KinerjaAbstract
Penelitian menggunakan metode balanced scorecard dan pengumpulan data kepuasan karyawan melalui kuesioner, uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha cronbach dan uji validitas menggunakan koefisien korelasi pearson. Penelitian ini mengambil judul pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan Balanced Scorecard. Berdasarkan hasil penelitian mengindikasikan bahwa pengukuran kinerja pada PT. Telkom secara keseluruhan masih tergolong kurang dengan nilai keseluruhan 47,92%. pada perspektif finanasial PT.Telkom dikelola secara terpusat. Dalam perspektif pelanggan diketahui perolehan pelanggan pada tahun 2022 sebesar 20,12% dan tahun 2023 sebesar 14,23% dengan nilai rata-rata sebesar 17,18%. Sedangkan tingkat retensi pelanggan pada tahun 2022 sebesar 83,88% dan pada tahun 2023 sebesar 88,84% dengan nilai rata-rata sebesar 86,18%. Pada perspektif bisnis internal PT. Telkom mengembangkan inovasi teknologi baru yaitu produk Indihome. Dalam perspektif pertumbuhan dan pembelajaran tingkat retensi pegawai pada tahun 2012 sampai tahun 2023 tidak mengalami perubahan dan pada tahun 2023 tingkat retensi pegawai menunjukan angka 12%. Tingkat kepuasan karyawan menunjukan angka sebesar 76,32% dengan rating scale 0. Artinya kepuasan karyawan PT.Telkom telah berada pada kategori puas.