Utilization of Interactive Learning Multimedia for Arabic Language Teachers in Madrasah Tsanawiyah (MTs) Cirebon City
DOI:
https://doi.org/10.25157/gijcsd.v1i2.3828Kata Kunci:
Arabic Teacher, Learning Multimedia, UtilizationAbstrak
Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif Bagi Guru Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Cirebon : Multimedia pembelajaran interaktif merupakan perpaduan media yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Peran multimedia pembelajaran sangat penting untuk menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu, kemajuan teknologi juga harus dibarengi dengan kompetensi guru dalam berinovasi dan memanfaatkan media pembelajaran di kelas. Namun, guru-guru di sekolah cenderung kurang terampil dalam melaksanakan pembelajaran secara konvensional dan menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia di sekolah. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan guru-guru bahasa Arab MTs se-Kota Cirebon tentang konsep media pembelajaran Canva, Quiz dan PPTx, serta meningkatkan keterampilan guru-guru MTs se-Kota Cirebon untuk membuat media pembelajaran Canva, Quiz dan PPTx. Metode pengabdian yang digunakan adalah Service Learning (SL), yaitu kegiatan yang melibatkan pengalaman praktis, pembelajaran akademis dan pelibatan masyarakat Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian memberikan dampak kepada peserta dengan meningkatnya pengetahuan guru-guru di MTs Salafiyah dan MTs Negeri 2 Kota Cirebon tentang konsep media pembelajaran Canva, Quiz, dan PPTx. Serta mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis Powerpoint Show, Canva dan Quizizz sehingga menghasilkan produk bahan ajar audio visual menggunakan Powerpoint Show, Canva dan Quizizz yang disusun berdasarkan modul pengabdian dan pelatihan
Kata Kunci: Pemanfaatan, Multimedia Interaktif, Guru Bahasa Arab