STRATEGI OTA (ONLINE TRAVEL AGENT) DALAM MENINGKATKAN PEMESANAN KAMAR HOTEL PAMORDIAN DENGAN METODE SWOT DAN AHP DI PANGANDARAN
DOI:
https://doi.org/10.25157/intriga.v1i1.3595Keywords:
Hotel Pamordian, Online Travel Agent, Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Metode SWOTAbstract
Hotel Pamordian merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perhotelan dengan menjual jasa akomodasi (Hospitality Bussiness).
Hotel merupakan salah satu sarana akomodasi yang berkembang pesat di Pangandaran. Sedemikian menjanjikannya bisnis ini sehingga banyak dikembangkan oleh para pebisnis. Hal ini mengakibatkan daya saing perhotelan semakin ketat. Melihat kenyataan demikian hotel dituntut untuk kreatif dalam menarik tamu sebanyak-banyaknya. Online Travel Agent (OTA) adalah salah satu produk kemajuan zaman yang sedang booming saat ini dan memiliki banyak keunggulan. Kerjasama pihak hotel dengan penyedia jasa OTA baik dilakukan untuk dapat menarik lebih banyak tamu.
Dengan metode SWOT diperoleh nilai X = 0,4 dan nilai Y = 0,5. Hasil tersebut berada pada kuadran I yaitu strategi agresif yang dimaksudkan situasi ini menggambarkan suatu posisi menguntungkan bagi perusahaan dimana perusahaan mempunyai peluang dan kekuatan untuk dimanfaatkan. Tahap selanjutnya menggunakan metode AHP yang digunakan untuk menganalisis dan menentukan strategi Online Travel Agent terbaik apa yang akan dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian strategi yang sesuai bagi Hotel Pamordian Pangandaran adalah Brand Awareness menjadi ranking teratas dengan nilai yang diperoleh 0,3264.