PENGAPLIKASIAN METODE QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) DALAM STRATEGI PEMASARAN UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah ) PABRIK TAHU 2 SAUDARA DI BANJARSARI KAB. CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.25157/intriga.v1i2.3890Keywords:
SWOT, UMKM, IFE, EFE, QSPMAbstract
Pendapatan UMKM pabrik tahu pada bulan Oktober 2019 sampai bulan Januari 2021, mengalami penurunan penjualan dan tidak memenuhi target yang sudah ditentukan. Guna meningkatkan pendapatan UMKM pabrik tahu harus merancang strategi pemasaran berdasarkan beberapa faktor yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap kegiatan usaha. Analisis SWOT digunakan untuk mendapatkan alternatif strategi dari faktor internal dan eksternal. Data dan informasi penelitian terdiri dari data primer dan sekunder, alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External Factor Evaluation), matriks IE (Internal-External), matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Matriks SWOT menghasilkan 12 alternatif strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan. Berdasarkan hasil perhitungan QSPM dari 12 alternatif strategi terdapat tiga alternatif strategi yang diprioritaskan yaitu alternatif pertama melakukan penjualan dan memasarkan produk secara online seperti melalui facebook dan whatsapp, alternatif kedua menjaga konsistensi produk agar dikenali masyarakat atau konsumen dan alternatif ketiga mempertahankan harga dan cita rasa yang baik untuk bersaing dengan para pesaing baru.