PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK ROTI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN METODE AHP, SWOT DAN QSPM DI IKM SARI RASA BAKERY CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.25157/intriga.v2i1.4470Keywords:
Strategi Pemasaran, AHP, SWOT, QSPMAbstract
IKM Sari Rasa Bakery merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan ringan yaitu roti tawar dan roti manis yang beralamat di Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana menetukan strategi pemasaran produk roti di IKM Sari Rasa Bakery dan bagaimana mengembangkan strategi pemasaran produk roti menggunakan metode AHP, SWOT dan QSPM. di IKM Sari Rasa Bakery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk roti di IKM Sari Rasa Bakery dan bagaimana mengembangkan strategi pemasaran produk roti menggunakan metode AHP, SWOT dan QSPM di IKM Sari Rasa Bakery. Metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) digunakan untuk melakukan pembobotan dan mendapatkan prioritas tertinggi. metode SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengidentifikasi berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman serta mendapatkan usulan alternatif strategi. Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks) digunakan untuk menentukan strategi yang paling terbaik berdasarkan nilai TAS tertinggi. Berdasarkan perhitungan metode AHP didapat prioritas tertinggi yaitu berdasarkan diskon dan promosi dengan nilai 0,430. hasil dari pengolahan AHP dianalisis menggunakan metode SWOT didapatkan bahwa nilai IFE yaitu 3,40 dan nilai EFE 3,84, dan strategi diskon dan promosi berada di kuadran 1 dan berdasarkan analisis matrik SWOT didapat 10 alternatif strategi. Hasil dari analisis QSPM di dapat nilai TAS tertinggi yaitu strategi nomor 1 dengan nilai TAS 3,49 yaitu riset dan analisis pasar untuk memahami apa yang di inginkan konsumen terkait diskon dan promosi harga.