ANALISIS KAPASITAS PARKIR OFF STREET PASAR WANARAJA KABUPATEN GARUT

Authors

  • Wahyu Sumarno Universitas Galuh
  • Uu Saepudin Universitas Galuh
  • Fikry Zein Mar'ie Pangestu Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jmt.v9i1.2789

Keywords:

Off Street, Kapasitas Statis, Akumulasi, Parkir

Abstract

Pasar Wanaraja merupakan salah satu pasar modern yang ada di Kabupaten Garut sebagai pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Sebagai pasar modern, pasar Wanaraja Kabupaten Garut menyediakan ruang parkir off street untuk melayani kebutuhan parkir pengunjung. Namun keberadaan pasar ini berpotensi menambah kepadatan di sekitar ruas jalan raya Wanaraja. Kepadatan lalu lintas terlihat terutama pada hari pasar dan hari libur. Pada saat itu banyak pengunjung yang ke luar masuk pasar, dengan sendirinya menuntut ruang parkir yang cukup. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan analisis parkir off street Pasar Wanaraja Kabupaten Garut.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui akumulasi parkir, volume parkir, indeks parkir, kapasitas statis dan kebutuhan ruang parkir off street pasar Wanaraja Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu dengan melakukan pengamatan langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data sebagai acuan melakukan analisis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa akumulasi parkir maksimum 36 mobil dan 360 sepeda motor, volume parkir 102 mobil 1148 sepeda motor indeks parkir 150% mobil, dan 120% sepeda motor. Apabila dibandingkan dengan SRP yang tersedia, maka permintaan parkir tidak dapat dilayani oleh ruang parkir yang ada. Kapasitas statis parkir off street pasar Wanaraja Kabupaten Garut untuk mobil 24 SRP dan sepeda motor 300 SRP, sedangkan hasil perhitungan kebutuhan ruang parkir adalah 32 SRP untuk mobil dan 353 SRP untuk sepeda motor, sehingga perlu penambahan ruang parkir agar dapat melayani pengunjung pasar.

Additional Files

Published

2022-09-01

How to Cite

Sumarno, W., Saepudin, U., & Zein Mar'ie Pangestu, F. (2022). ANALISIS KAPASITAS PARKIR OFF STREET PASAR WANARAJA KABUPATEN GARUT. Jurnal Media Teknologi, 9(1), 96–104. https://doi.org/10.25157/jmt.v9i1.2789