ANALISIS KESEIMBANGAN AIR DENGAN METODE KONVENSIONAL BAGI PENGEMBANGAN AIR UNTUK KEBUTUHAN HIDUP MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Sukahurip Kecamatan Cisaga Kabupaten Csaga)

Authors

  • Gini Hartati Teknik Sipil Universitas Galuh
  • Yanti Defiana Teknik Sipil Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jmt.v9i2.2951

Keywords:

Air Baku, Air Bersih, Ketersediaan Air

Abstract

Kebutuhan air baku untuk berbagai keperluan terutama air bersih untuk rumah tangga, tempat-tempat umum, industri, dan lain-lain akan terus meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan lajunya pembangunan di berbagai sektor dan bidang, serta jumlah penduduk yang terus bertambah. Di sisi lain jumlah penyediaan dan prasarana air baku yang ada saat ini masih relatif terbatas, sehigga belum dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut terutama pada saat-saat musim kemarau. Ketersediaan  air baku, baik secara teoretis maupun secara empiris, terbukti mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi. Sementara itu, pemenuhan kebutuhan air baku ke depannya khususnya penduduk miskin, dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk yang berdampak pada perbaikan distribusi pendapatan. Jika ketersediaan air baku belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat maka akan menghambat  pertumbuhan  ekonomi sehingga mengurangi kesenjangan pendapatan dan kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui kebutuhan air baku yang dapat memenuhi kebutuhan maksimal masyarakat di Desa Sukahurip Kecamatan Cisaga serta mengetahui ketersediaan air baku untuk pengembangan ketersediaan air demi  pertumbuhan ekonomi, dengan menggunakan metode geometrik dan aritmetik. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa ketersediaan air baku sebesar 42.146 liter/hari, sedangkan kebutuhan air baku sebesar 116 liter/hari, sehingga terjadi kekurangan sebesar 73.845  liter/hari .

Additional Files

Published

2023-03-01

How to Cite

Hartati, G., & Defiana, Y. (2023). ANALISIS KESEIMBANGAN AIR DENGAN METODE KONVENSIONAL BAGI PENGEMBANGAN AIR UNTUK KEBUTUHAN HIDUP MASYARAKAT (Studi Kasus di Desa Sukahurip Kecamatan Cisaga Kabupaten Csaga). Jurnal Media Teknologi, 9(2), 133–141. https://doi.org/10.25157/jmt.v9i2.2951