Analisis Value Chain Pada Perencanaan Sistem Informasi Sekolah Musik
DOI:
https://doi.org/10.25157/jsig.v3i1.4509Kata Kunci:
Sistem Informasi, Analisis value chain, Sekolah Musik dan Proses BisnisAbstrak
Analisis value chain didalam perencanaan sistem sekolah musik dapat melengkapi strategi perusahaan untuk bersaing didalam bisnis sekolah musik. Dimana tindakan akan terfokus pada elaborasi produk serta proses pelayanan. Maka didalam meningkatkan keberhasilan pada persaingan bisnis usaha sekolah musik, perlu untuk menggunakan analisis value chain untuk menentukan biaya yang terhubung dengan kegiatan organisasi dari penyediaan fasilitas sampai perancangan produk serta pemasarannya. Dimana dapat digunakan untuk keperluan pengambilan keputusan dalam strategi bisnis. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan faktor kompetitif seperti Tingkat integrasi, Panorama industri, Panorama segmen dan Panorama geografis. Dimna akan mempengaruhi disaat pembuatan keputusan di perusahaan. Pada penelitian ini penulis melaksanakan observasi pada satu sekolah musik untuk mempelajari data, dokumen, dan juga melakukan wawancara kepada pemilik perusahaan sebagai sumber data informasi yang diperlukan oleh penulis. Hasil akhir dari penelitian ini adalah pemetaan proses kerja pada sekolah musik, yang terdiri dari aktifitas utama dan aktifitas pendukung. Analisis value chain didalam lingkup suatu perancangan sistem Bisnis akan sangat membantu didalam pengambilan keputusan pada saat perancangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi bagi sekolah musik. Saran dari penelitian ini adalah bahwa hasil dari Analisis value chain diharapkan dapat memberikan kontribusi didalam perancangan sebuah strategi bisnis. Dimana akan sangat mempengaruhi pada pencapaian tujuan perusahaan. Juga membantu didalam mengambil keputusan perusahaan pada perencanaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi.








