OPTIMASI PELAYANAN PADA SPBU 34.46212 KERTASARI DENGAN METODE ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE

Authors

  • Candra Rahayu Universitas Galuh
  • Maman Hilman Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jmt.v8i1.2642

Keywords:

SPBU 34.46212, Multiple Channel Single Phase, Antrian

Abstract

SPBU 34.46212 Kertasari  merupakan salah satu tempat pengisian bahan bakar  yang ada di Kabupaten Ciamis, SPBU ini menyediakan 3 fasilitas pengisian bahan bakar, dengan jenis bahan Pertalite, Pertamax dan Premium. Pada 3 fasilitas ini terdapat 3 jalur, diharapkan dapat mengurangi masalah antrian ketika pelanggan datang  pada saat tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, dengan perkembangan jaman di segala sektor yang menyebabkan pengguna kendaraan mengalami peningkatan dan kebutuhan konsumen saat ini mengalami peningkatan untuk mendapatkan bahan bakar yang sama disaat tertentu dapat mengakibatkan antrian.

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana fasilitas yang diberikan oleh SPBU 34.46212 di Kertasari Kabupaten Ciamis, Berapa jumlah fasilitas pelayanan optimal dengan metode antrian multiple channel single phase pada SPBU 34.46212 di Kertasari Kabupaten Ciamis, Berapa waktu pelayanan optimal yang diberikan kepada pengendara mobil oleh SPBU 34.46212 di Kertasari Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode antrian Multiple Channel Single Phase.

 

Hasil penelitian menujukan bahwa jumlah fasilitas pelayanan yang optimal adalah 5 fasilitas dengan ekspektasi menunggu dalam sistem (termasuk waktu pelayanan) 0,9780 detik, menunggu dalam antrian (tidak termasuk waktu antrian) 0,4890 detik dan nilai efisiensi biaya Rp.52.442,16.

Additional Files

Published

2022-04-01

How to Cite

Rahayu, C., & Hilman, M. . (2022). OPTIMASI PELAYANAN PADA SPBU 34.46212 KERTASARI DENGAN METODE ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE. Jurnal Media Teknologi, 8(1), 23–38. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i1.2642

Most read articles by the same author(s)