PERENCANAAN JUMLAH PRODUKSI PRODUK UKM UD. RIZKI JAYA CIAMIS DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING

Authors

  • Maman Hilman Universitas Galuh
  • Nugraha Kusuma Ningrat Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jmt.v6i2.2793

Keywords:

Software Lindo, Linier Programing

Abstract

  1. Rizki Jaya Ciamis adalah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan tralis, UD. Rizki Jaya Ciamis masih menggunakan cara manual untuk menghitung dan memperkirakan jumlah bahan baku dalam perencanaan dan pembuatan produk tralis. Hal penentuan bahan baku yang digunakan sehingga seringkali terjadi kekurangan bahan baku dan kelebihan bahan baku yang di perlukan untuk memproduksi tralis. Keadaan yang demikian dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan, sehingga keuntungan Optimal sulit di raih oleh perusahaan.

Sehingga perulnya perencanaan untuk memproduksi seberapa banyak tralis yang di produksi dengan mempertimbangkan bahan baku dan keuntungan optimal yang ingin di capai. Maka dari itu, untuk mencapai keuntungan yang optimal digunakan metode liner programing dengan bantuan software Lindo.

Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan software Lindo untuk menentukan jumlah produksi optimal dengan bahan baku yang tersedia di perusahaan adalah sebanyak 25 unit tralis tipe A dan 5 tralis tipe B, dengan keuntungan optimal dari jumlah produksi produk tralis di UD. Rizki Jaya Ciamis sebesar Rp.6.000.000.

Additional Files

Published

2022-09-08

How to Cite

Hilman, M. ., & Kusuma Ningrat, N. (2022). PERENCANAAN JUMLAH PRODUKSI PRODUK UKM UD. RIZKI JAYA CIAMIS DENGAN METODE LINIER PROGRAMMING. Jurnal Media Teknologi, 6(2), 196–204. https://doi.org/10.25157/jmt.v6i2.2793

Most read articles by the same author(s)