STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK PIKSET DENGAN METODE AHP DAN SWOT DI IKM JAYASARI CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2679Keywords:
Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT), Analytical Hierarchy Process (AHP)Abstract
IKM Jayasari merupakan perusahaan bergerak di bidang makanan ringan, salah satu jenis nya yaitu kripik pikset. Dalam penjualannya ada penurunan karena banyak pesaing yang produknya sama. Untuk itu dibutuhkan strategi pemasaran yang mampu berdaya saing, agar produk pikset kembali mampu berdaya saing di pasaran. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode Strengths, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil dari SWOT yaitu terdapat pada kuadran II yaitu strategi diversifikasi dimaksudkan situasi ini menggambarkan suatu perusahaan yang menghadapi tantangan dan ancaman yang berat. Oleh karena itu perusahaan disarankan memanfaat teknologi dan harus mampu memulai berinovasi terhadap produknya kemudian hasil dari AHP yaitu terdapat prioritas alternatif tertinggi untuk strategi permasaran yaitu prioritas pertama dengan bobot prioritasnya yaitu 0,580, kemudian prioritas kedua inovasi dengan bobot prioritasnya yaitu 0,283, kemudian prioritas ketiga yaitu manajemen produksi dengan bobot prioritasnya 0,137.