PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA CIJENUK KECAMATAN CIPONGKOR DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3694Keywords:
Public Perception, Village Apparatus Performance, Public Services.Abstract
Currently, many people feel that the performance of the village government has not reached an optimal level. This study aims to evaluate the public's views on the performance of the village government in providing public services, focusing on Cijenuk Village in Cipongkor District, West Bandung Regency. The research method used is a quantitative descriptive method, with respondents who are residents of Cijenuk Village. Data collection was carried out through the use of questionnaires. The independent variable (X) in this study is public perception, while the dependent variable (Y) is the performance of the village government. The results of the analysis show scores that can generally be considered good, but the findings of the correlation between public perceptions of the performance of the village government in providing public services in Cijenuk Village are categorized as less good.
References
Lucita, D. S., dkk. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal FKIP Unila, Vol 4 No. 4. PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK | Sari | Jurnal Kultur Demokrasi (unila.ac.id)
Arneta, T. M. N., dkk. (2023). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Eksekutif, Vol 4 No. 2. Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Desa Tumpaan Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan | JURNAL EKSEKUTIF (unsrat.ac.id)
Nur, H. A. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Digital Repository Unimed. Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Kantor Desa Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai - Digital Repository Universitas Negeri Medan (unimed.ac.id)
Suparno dan Retno Lestari. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Umika. https://www.bing.com/ck/a?!&&p=2cf3ce1bca48e8c1JmltdHM9MTcwMDUyNDgwMCZpZ3VpZD0yZDU2ODA1YS00ZTYzLTY3MjctMzA4MC05MTFiNGYzNTY2MWUmaW5zaWQ9NTI3MA&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=2d56805a-4e63-6727-3080-911b4f35661e&psq=PERSEPSI+MASYARAKAT+TERHADAP+KINERJA+APARATUR+DESA+DALAM+MENINGKATKAN+PELAYANAN+PUBLIK&u=a1aHR0cHM6Ly9qdXJuYWwudW1pa2EuYWMuaWQvaW5kZXgucGhwL2FsbWlzYmFoL2FydGljbGUvZG93bmxvYWQvNDEzLzQ0NS8&ntb=1
Emilenia, C. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan dalam Pemberian Vaksinasi Covid-19 Terhadap Kepuasan Masyarakat Umum di DKI Jakarta. Karawang.
Mukmin, Zulihar., Ruslan., dan Siti Kurniati. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Penyelenggaraan Pembangunan di Desa Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 3, Nomor 1.
Sari, D.L., Hasyim, A., & Nurmalis, Y. (2016). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARATUR DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK.
Wasil, M., & Mahfuz, M. (2020). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Desa Lenek Lauk Menggunakan Metode Naive Bayes. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 3(2), 140–146. https://doi.org/10.29408/jit.v3i2.2314
Andri Wahyudi. (2022). Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat (Suatu Tinjauan Tingkat Pendidikan Aparatur Pemerintah Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek). Publiciana, 15(01), 38-48. https://doi.org/10.36563/publiciana.v15i01.529
Indrawati, Weni, dkk. (2017). "Efektivitas Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Publik Kepada Masyarakat di Desa Tanggulangin." Jurnal Kultur Demokrasi, vol. 5, no. 4.
Wuri, R. R., Kaunang, M., & Pioh, N. (2017). KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi di Desa Sinsingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/16192
Nasution, I. (2014). Kinerja Aparat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Desa Pantai Labu Pekan. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 2(2), 99-110.
Noviyanti, D., Atthahara, H., Adiarsa, S. R., & Priyanti, E. (2022). Efektivitas Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Publik Kepada Masyarakat di Desa Balongsari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 289-297.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 dan 23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0