ANALISIS KEBERHASILAN APLIKASI TANGGAP KARAWANG SEBAGAI PERWUJUDAN RUANG PENGADUAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Wiyana Puspita Ningrum Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Dadan Kurniansyah Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia
  • Dewi Noor Azijah Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3931

Keywords:

Application Accepted Karawang, E-Government, Capacity, Support, Value

Abstract

Penyelenggaraan pemerintahan berbasis internet atau e-government dari pusat hingga daerah menjadi perkembangan yang cukup pesat dari digitalisasi dalam bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang saat ini berpengaruh pada implementasi pemerintahan. Banyaknya pengaduan dari masyarakat Karawang membuat pemerintah harus dapat menampung banyaknya aspirasi yang diberikan salah satunya melalui aplikasi Tanggap Karawang. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan dari aplikasi tersebut dalam menampung aspirasi masyarakat Karawang. Adapun, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan penelitian secara langsung berdasarkan data yang ada. Sehingga, hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Tanggap Karawang telah berhasil membantu masyarakat dalam menyalurkan dan mewadahi aspirasi serta permasalahan sosial yang terjadi secara cepat tanpa harus datang secara langsung ke kantor dan perkembangan serta dampak positif dapat dilihat dari indikator support, capacity, dan value. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan total pengaduan pada tahun 2024 yaitu sebanyak 10.988, 10.450 selesai ditindaklanjuti, 351 pengaduan masih proses, dan 187 pengaduan masih menunggu. Oleh karena itu, masyarakat menilai bahwa aplikasi ini cukup membantu.

References

Amatulloh, D. (2021). Analisis Penerapan E-Government Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Mal Pelayanan Publik Bojonegoro. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 3(2), 87–107.

Anggrayni, I., Dayat, U., & Febriantin, K. (2022). Kebijakan Pemerintah Kabupaten Karawang dalam Pembuatan Aplikasi Berbasis Pengaduan Masyarakat ditinjau dari Manajeman Pemerintahan (Studi Tentang Aplikasi Tanggap Karawang atau TANGKAR). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2437–2445.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Farahdarika, S. (2023). Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi, 1–95.

Fatchuriza, M., & Prasojo, T. A. (2021). Sistem Penanganan Pengaduan Berbasis E-government Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 45–53.

Indrajit. (2006). Electronic Government Strategi pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. ANDI.

J.P. Gant. (2008). Electronic Goverment for Developing Countries.

Kartika, D. F., & Oktariyanda, T. A. (2022). Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi poedak (pelayanan online pendaftaran adminisitrasi kependudukan) di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten gresik. Publika, 245–260.

Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. (2003). Panduan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan E-Government Lembaga.

Kuswati, R. E. (2017). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi, 1–173.

Muhdin, R. K., Engkus, E., & Herabudin, H. (2022). Penerapan e-government melalui aplikasi SiBadra pada pemerintah Kota Bogor. Distingsi: Journal of Digital Society, 1(1), 1–74.

Prisma Herliana, T. (2023). Analisis Kwalitas Website Layanan Aspirasi & Pengaduan Masyarakat Tangkar (Tanggap Karawang) Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Karawang Menggunakan Metode Webqual 4.0. INFOTECH Journal, 9(1), 90–96. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5051

Riani, E., Rifai, M., & Febriantin, K. (2021). Implementasi Kebijakan Program Tanggap Karawang Oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Karawang. Jurnal MODERAT, 7(3), 414–428.

Sofianto, A. (2019). Inovasi Manajemen Pemerintahan Berbasis Aplikasi Digital di Provinsi Jawa Tengah. Matra Pembaruan, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.21787/mp.3.2.2019.99-108

Sosiawan, E. A. (2015). EVALUASI IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PADA SITUS WEB PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA : PRESPEKTIF CONTENT DAN MANAJEMEN.

Walidin, W., Idris, S., & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.

Published

2024-08-26

How to Cite

Wiyana Puspita Ningrum, Dadan Kurniansyah, & Dewi Noor Azijah. (2024). ANALISIS KEBERHASILAN APLIKASI TANGGAP KARAWANG SEBAGAI PERWUJUDAN RUANG PENGADUAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(3), 497–510. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3931