ANALISIS KEBERHASILAN APLIKASI TANGGAP KARAWANG SEBAGAI PERWUJUDAN RUANG PENGADUAN PUBLIK BERBASIS E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v10i3.3931Keywords:
Application Accepted Karawang, E-Government, Capacity, Support, ValueAbstract
Penyelenggaraan pemerintahan berbasis internet atau e-government dari pusat hingga daerah menjadi perkembangan yang cukup pesat dari digitalisasi dalam bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang saat ini berpengaruh pada implementasi pemerintahan. Banyaknya pengaduan dari masyarakat Karawang membuat pemerintah harus dapat menampung banyaknya aspirasi yang diberikan salah satunya melalui aplikasi Tanggap Karawang. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan dari aplikasi tersebut dalam menampung aspirasi masyarakat Karawang. Adapun, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan penelitian secara langsung berdasarkan data yang ada. Sehingga, hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Tanggap Karawang telah berhasil membantu masyarakat dalam menyalurkan dan mewadahi aspirasi serta permasalahan sosial yang terjadi secara cepat tanpa harus datang secara langsung ke kantor dan perkembangan serta dampak positif dapat dilihat dari indikator support, capacity, dan value. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan total pengaduan pada tahun 2024 yaitu sebanyak 10.988, 10.450 selesai ditindaklanjuti, 351 pengaduan masih proses, dan 187 pengaduan masih menunggu. Oleh karena itu, masyarakat menilai bahwa aplikasi ini cukup membantu.
References
Amatulloh, D. (2021). Analisis Penerapan E-Government Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Mal Pelayanan Publik Bojonegoro. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 3(2), 87–107.
Anggrayni, I., Dayat, U., & Febriantin, K. (2022). Kebijakan Pemerintah Kabupaten Karawang dalam Pembuatan Aplikasi Berbasis Pengaduan Masyarakat ditinjau dari Manajeman Pemerintahan (Studi Tentang Aplikasi Tanggap Karawang atau TANGKAR). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2437–2445.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Farahdarika, S. (2023). Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi, 1–95.
Fatchuriza, M., & Prasojo, T. A. (2021). Sistem Penanganan Pengaduan Berbasis E-government Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kendal. AS-SIYASAH: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 45–53.
Indrajit. (2006). Electronic Government Strategi pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. ANDI.
J.P. Gant. (2008). Electronic Goverment for Developing Countries.
Kartika, D. F., & Oktariyanda, T. A. (2022). Inovasi pelayanan publik melalui aplikasi poedak (pelayanan online pendaftaran adminisitrasi kependudukan) di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten gresik. Publika, 245–260.
Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. (2003). Panduan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan E-Government Lembaga.
Kuswati, R. E. (2017). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN TANJUNGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi, 1–173.
Muhdin, R. K., Engkus, E., & Herabudin, H. (2022). Penerapan e-government melalui aplikasi SiBadra pada pemerintah Kota Bogor. Distingsi: Journal of Digital Society, 1(1), 1–74.
Prisma Herliana, T. (2023). Analisis Kwalitas Website Layanan Aspirasi & Pengaduan Masyarakat Tangkar (Tanggap Karawang) Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Karawang Menggunakan Metode Webqual 4.0. INFOTECH Journal, 9(1), 90–96. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5051
Riani, E., Rifai, M., & Febriantin, K. (2021). Implementasi Kebijakan Program Tanggap Karawang Oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Karawang. Jurnal MODERAT, 7(3), 414–428.
Sofianto, A. (2019). Inovasi Manajemen Pemerintahan Berbasis Aplikasi Digital di Provinsi Jawa Tengah. Matra Pembaruan, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.21787/mp.3.2.2019.99-108
Sosiawan, E. A. (2015). EVALUASI IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PADA SITUS WEB PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA : PRESPEKTIF CONTENT DAN MANAJEMEN.
Walidin, W., Idris, S., & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0