IMPLEMENTASI SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT SEBAGAI MEKANISME KONTROL SOSIAL TERHADAP ETIKA PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BUTON UTARA

Authors

  • Suharni Haris Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Muhammad Askal Basir Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Nur Inzana Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v11i2.4818

Keywords:

(Sistem pengaduan masyarakat, kontrol sosial, etika pelayanan, Disdukcapil, pelayanan publik)

Abstract

This study aims to describe the implementation of the community complaint system as a social control mechanism for service ethics in the Population and Civil Registration Office of North Buton Regency. The method used is descriptive qualitative research with data collection techniques through interviews, observations, and documentation, which is analyzed using an interactive data analysis model from Miles and Huberman. Interviews were conducted with four informants consisting of the Head of the Service  and three residents who were directly involved in service complaints. The results of the study show that the community complaint system has been running quite well, functioning as an effective social control in improving service ethics, although there are still challenges such as high volume of complaints and limited access to technology. Periodic evaluations and increased socialization to the community are essential to increase the effectiveness of the complaint system and strengthen public services in the future.

References

Ahyar, A, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Agustina, D. E., Hikmah, M., & Putri, F. E. (2022). Peningkatan Efektifitas Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Sipraja Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 301-307.

Amrulloh, R. (2022). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pdam Intan Banjar. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 9(2), 128-142.

Arfita, S., Putera, R. E., & Zetra, A. (2021). Implementasi Etika Aperatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang-Pariaman. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(2), 162-169.

Atifa S, dkk. 2021. Implementasi Etika Aperatur Sipil Negara dalam Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang –Pariaman. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Vol 4 , No. 2, Desember 2021, pp. 162 - 169 162 E-ISSN 2622 – 0253.

Berg, E., & Arif, M. R. (2024). Peran Inspektorat Daerah Sebagai Konsultansi Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih di Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Manor: Jurnal Manajemen dan Organisasi Review, 6(2), 315-329.

Edrisy F.I, dkk. 2022. Pengantar Sosiologi. Bandar Lampung: Pusaka Media.

Fajarwati, N. (2023). Strategi Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kelurahan Karanganyar Kecamatan Astana Anyar Kota Bandung: Government Strategy in Improving the Quality of Public Services in Karanganyar Village, Astana Anyar District, Bandung City. Jurnal Transformasi Administrasi, 13(02), 169-186.

Haekal, M., & Tjenreng, M. B. Z. (2025). Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat melalui Aplikasi JAKI dalam Rangka Pelayanan Publik di DKI Jakarta. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 5(1), 228-241.

Halisa N. dkk. 2022. Etika Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Volume 3, Nomor 5, Oktober 2022.

Hanum, N., Rahmi, R. S., Aflah, D., Hanoselina, Y., & Helmi, R. F. (2024). Analisis Peran Etika Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Padang Utara, Kota Padang. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 2(2), 505-512.

Iskandar, J., Fajriah, A. N., Rahmawati, A. D., & Sofiani, A. (2020). ETIKA BIROKRAT DALAM PELAYANAN PUBLIK. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 18(3), 1-10.

Kasmir. Pengantar Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Manajemen,Akuntansi, dan Bisnis. Depok: Rajawali Pers. 2022.

Murdiyanto E. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.

Mamonto N, dkk. 2018. Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw II Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. EKSEKUTIF ISSN : 2337 - 5736 Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Volome 1 No. 1 Tahun 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi.

Repansa D.M, Wawanudin. 2024. Implementasi Pengelolaan Masyarakat di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Mozaik, Volume XVI Edisi 1 - JULI 2024.

Sabeni, H., & Setiamandani, E. D. (2020). Pengelolaan pengaduan masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 9(1), 43-52.

Salim, Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi Dalam Ilmu Sosial, Keagamaan, dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Usman, M. (2024). Sosiologi Keluarga. Nas Media Pustaka

Wijaya A.A, dkk, 2019. Survei Etika Pelayanan Publik Pada Dinas Kependuduk.

Published

2025-05-28

How to Cite

Haris, S., Basir, M. A., & Inzana, N. (2025). IMPLEMENTASI SISTEM PENGADUAN MASYARAKAT SEBAGAI MEKANISME KONTROL SOSIAL TERHADAP ETIKA PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BUTON UTARA: . Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 11(2), 547–561. https://doi.org/10.25157/moderat.v11i2.4818

Issue

Section

Articles