EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENGELOLAAN PELAYANAN SKCK DI RESOR KOTA BANJAR: TANTANGAN DAN SOLUSI

Penulis

  • Melinda Universitas Galuh
  • Neti Sunarti Universitas Galuh
  • Ii Sujai Universitas Galuh

Kata Kunci:

Evaluasi, Efektivitas, Sistem Pengelolaan

Abstrak

SKCK merupakan dokumen penting yang sering dibutuhkan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan administratif dan legal. Namun, dalam praktiknya, terdapat beberapa permasalahan yang menghambat optimalisasi pelayanan SKCK, seperti keterbatasan sumber daya manusia, sarana prasarana yang kurang memadai, serta penggunaan teknologi informasi yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas sistem pengelolaan pelayanan SKCK di Resor Kota Banjar dengan menilai tantangan yang dihadapi dan mencari solusi untuk perbaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dikumpulkan dari petugas pelayanan, pengguna SKCK, serta dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sistem pengelolaan SKCK telah mengalami beberapa perbaikan, terdapat tantangan signifikan yang perlu diatasi, termasuk keterbatasan sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi yang belum optimal. Berdasarkan temuan ini, solusi yang diusulkan meliputi peningkatan alokasi anggaran untuk sarana dan prasarana, perbaikan sistem aplikasi, serta peningkatan pelatihan bagi petugas. Implementasi solusi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas sistem pengelolaan pelayanan SKCK, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat menjadi lebih baik dan efisien.

Referensi

Arthamevia, V., & Oktariyanda, T. A. (2023). Analisis Inovasi Layanan Berbasis Website Sipentolmanis (Sistem Pelayanan Terpadu Online Kecamatan Jetis) Di Kabupaten Mojokerto. Publika, 2351–2364. https://doi.org/10.26740/publika.v11n3.p2351-2364

Hartati, N. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Kepolisian Pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (Spkt) Polsek Sabangau Analysis Of The Quality Of Police Public Service At The Integrated Police Service Center (Spkt) Of The Sabangau Police. Malaka Law Review, 1(1), 12–21.

Idat, I. T., Habib Abdul Aziz, Romadhan, A. A., & Kamil, M. (2022). Application of Electronic Certificate Policy Innovation (E-Suket) in Rejomulyo Village and Balowerti Village, Kediri City. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 90–105. https://doi.org/10.23917/sosial.v3i2.580

Is, H., & Reza Faturahman, M. (2024). Analisis Beban Administrasi Pelayanan Publik Di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (Spkt) Kepolisian Daerah Jawa Tengah Dalam Perspektif New Public Service. 11(1), 111–125.

Majduddin, M., & Sutabri, T. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Aplikasi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index pada Polsek Kalidoni. Journal of Computer and Information Systems Ampera, 4(3), 157–168.

Maulia Wati, H., & Sukmana, H. (2022). Analysis of The Quality of Population Administration Services. Indonesian Journal of Public Policy Review, 20, 1–7. https://doi.org/10.21070/ijppr.v20i0.1251

Peran, A., Resor, H., Membangun, D., & Positif, C. (2024). Analisis peran humas Resor lebong dalam membangun citra positif.

Permana, I. P. M. (2024). Model Komunikasi Pada Penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Skck) Di Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat. Ilmu Komunikasi Hindu Institut Ágama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, 1(2), 2260–2275. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/251

Pramudita, Y. H., & Meirinawati, M. (2022). Manajemen Strategis Lumajang Presisi Untuk Mewujudkan Smart Police Di Kepolisian Resor (Resor) Lumajang. Publika, 273–286. https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p273-286

Putra, A. E., Susanti, N., & Astuty, K. (2023). Analysis Of The Implementation Of The Responsibility Accounting System In The Ilir Talo Sub-District Seluma District. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Review, 3(2), 509–514. https://doi.org/10.53697/emba.v3i2.1492

Setiaji, W. A., & Subadi, W. (2022). Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (Skck) Dilihat Dari Aspek Tangibles Pada Resor Barito Timur …. Japb, 5, 505–517. http://stiatabalong.ac.id/ojs3/index.php/JAPB/article/view/623%0Ahttp://stiatabalong.ac.id/ojs3/index.php/JAPB/article/download/623/516

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-12

Cara Mengutip

Melinda, Sunarti, N., & Sujai, I. (2024). EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENGELOLAAN PELAYANAN SKCK DI RESOR KOTA BANJAR: TANTANGAN DAN SOLUSI. Jurnal Otonomi, 1(1), 40–48. Diambil dari https://ojs.unigal.ac.id/index.php/otonomi/article/view/4380

Terbitan

Bagian

Articles