ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH GENERASI Z PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024
Kata Kunci:
Media Sosial, Partisipasi Masyarakat, Generasi Z, Pemilihan PresidenAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengaruh penggunaan media sosial dalam meningkatkan partisipasi pemilih Generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024 yang belum optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis informan sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara) dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui pengolahan data hasil wawancara dan observasi untuk ditarik kesimpulan sehingga dapat menjawab permasalahan penggunaan media sosial dalam meningkatkan partisipasi pemilih Generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024. Adapun hasil penelitian ialah sudah optimal sesuai dengan hasil wawancara yang dilapangan dari 8 indikator semua indikator sudah optimal, Dimana tidak terdapat kendala dan keluhan dari informan di setiap indikator, maka dengan demikian penelitian ini dianggap sudah optimal, dan tidak ada permasalahan yang signifikan yang dapat mempengaruhi Tingkat partisipasi generasi Z dalam pemilihan presiden tahun 2024.
Referensi
Alfarisyi, M. D., Al Hasani, N., & Maulia, S. T. 2023. Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilu Melalui Pendidikan Demokrasi.
Ardha, B. 2017. Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 Di Indonesia. 13(1), 105–120.
Arumsari, N., Septina, W. E., & Saputro, I. H. 2020. Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Chan, M., Chen, H.-T., & Lee, F. 2017. Examining the roles of mobile and social media in political participation: A cross-national analysis of three Asian societies using a communication mediation approach.
Liando, D. M. 2016. Pemilu Dan Partisipasi Politik Masyarakat (Studi Pada Pemilihan Anggota Legislatif Dan Pemilihan Presiden Dan Calon Wakil Presiden Di Kabupaten Minahasa Tahun 2014).
Moleong, L. J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Nitisastro, Widjojo. 2010. Pengalaman Pembangunan Indonesia. Jakarta: Kompas.
Rainer, R. Kelly, dan Cassey G. Cegielski. 2011. Introduction to Information. Systems, Third Edition, International Student Version. Asia: John Wiley &. Sons.
Ridestian, M. R. 2020. Perempuan Dan Politik: (Analisis Peningkatan Partisipasi Pemilih Perempuan Dalam Pemilihan Gubernur 2018 Di Kelurahan Maleer, Kota Bandung).
Rorianti, A. 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pilgub Dki Jakarta 2017 (Studi Terhadap Mahasiswa Ilmu Politik Fisip Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun Akademik 2015-2017).
Sarwono. 2000. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Soemardjan Selo dan Soeleman Soemardi. 1974. Setangkai Bunga Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Suherdi, Devri dkk. 2021. Peran Literasi Digital Di Masa Pandemik Kabupaten deli serdang. CV Cattleya Darmaya Fortuna.
Suprapto, R., & Azizi, M. Z. W. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.
Undang-Undang Republik Indonesia No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
Wahono, H. T. T., & Effrisanti, Y. 2018. Literasi digital di era millenial. Journal proceeding, 4 (1), Article 1.
Wibowo, A. S. 2014. Profil Calon Presiden Ideal Menurut Perspektif Siswa Pemilih Pemula Di SMA Negeri Se-Kota Yogyakarta Menjelang Pilpres 2014.
Yunus, E. 2013. The Role Of Social Media In Creating Political Awareness And Mobilizing Political Protests: A Focus on Turkey.