OPTIMALISASI STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN DAN JARINGAN PELAYANAN DI DESA BUMIREJA KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP
DOI:
https://doi.org/10.25157/otonomi.v2i1.5646Kata Kunci:
Pelayanan, Peningkatan Pelayanan, Pelayanan PublikAbstrak
Penelitian ini dilatar berlakangi oleh kurang optimalnya tingkat pelayanan yang di Desa Bumireja Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap dan untuk lebih mengetahui apa faktor yang menjadi penghambat terjadinya peningkatan pelayanan dan jaringan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif kualitatif yaitu pendekatan dimana data-data yang di kumpulkan berupa kata-kata. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai sejauh mana peningkatan pelayanan di Desa Bumireja Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi pemerintah desa dalam peningkatan pelayanan dan jaringan pelayanan publik di Desa Bumireja Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap dinyatakan belum optimal. Hal ini dibuktikan dari beberapa indikator yang belum efektif memenuhi kriteria strategi pemerintah desa dalam peningkatan pelayanan. Indikator-indikator yang dianggap belum optimal diantaranya adalah adanya perencanaan strategi, adanya pengembangan strategi fungsional serta pemantapan program, adanya evaluasi keberhasilan strategi yang di implementasikan, adanya regulasi ataupun kebijakan terhadap strategi dalam peningkatan pelayanan, adanya tujuan yang jelas terhadap strategi peningkatan pelayanan, dan adanya teknologi dan infrastruktur untuk mendukung implementasi strategi.
Referensi
David, F. R. (2011). Strategic Management: Concepts & Cases. New Jersey: New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Hayat. (2017). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.
Muhammad. (2018). BIROKRASI (Kajian Konsep, Teori menuju Good Governance). Sulawesi: Unimal Press.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Goverment and Good Governance. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Moleong, L. J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Pramusito, A., & Purwanto, A. E. (2009). Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik: Kajian tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, JIAN-UGM, MAAP-UGM.
Rangkuti. (2006). Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Salusu, J. (2015). Pengambilan Keputusan Stratejik dan Pengambilan Keputusan dalam Organisasi Publik dan Nonprofit. Jakarta : Grasindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA, CV.




