STRATEGI PELAYANAN DISABILITAS OLEH DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN CIAMIS

Penulis

  • Ade Suryaman Universitas Galuh
  • Otong Husni Taufiq Universitas Galuh
  • Agus Nurulsyam Suparman Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/otonomi.v2i1.5659

Kata Kunci:

Strategi, Pelayanan, Disabilitas, Tenaga Kerja

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya adanya strategi Dinas tenaga kerja pada pelayanan Disabilitas di kabupaten Ciamis sehingga masih kurangnya kebijakan tentang disabilitas. Hal ini terlihat dari masih kurangnya perusahaan perusahaan belum menerima penyandang disabilitas sebagai karyawan. Sehingga masih banyak perusahaan yang belum mempekerjakan tenaga kerja disabilitas padahal telah banyak balai pelatihan disabilitas salah satunya peningkatan sumber daya manusia yang dibawah naungan Kementerian Sosial yang melaksnakan fungsi serupa terkait pelatihan dan persiapan karir calon tenaga kerja penyandang disabilitas melalui pelatihan berbasis kompetensi dan dan pendampingan inkubasi bisnis yang diarahkan untuk menjadi wirausaha mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Dinas Tenaga Kerja dalam pelayanan Disabilitas di Kabupaten Ciamis. Dalam metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif Metode Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpotivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah.  

Referensi

Huraerah. Abu 2011. Pengorganisasian dan. Pengembangan Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Basri, M., & Lestari, N. I. 2019. Strategi . Graha Ilmu, Jakarta.

Bhatt, D. 2000. EFQM Excellence Model and Knowledge Management Implications. EFQM Organization, 8.

Fahrudin, A. 2018. Pengantar kesejahteraan sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Miftah Thoha, 2008, Ilmu Administrasi Publik Kontemporer, Kencana Media,. Jakarta.

Prajalani, Y. N. H. 2017. Aksesibilitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Sukoharjo. Indonesian Journal of Disability Studies, 4(2), 87–95.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Suhardi. 2018. Pengantar Manajemen Dan Aplikasinya. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Gava Media.

Suroto. 2000. Strategi pembangunan dan Perencanaan Perencanaan Kesempatan. Kerja.Yogyakarta: Gajah Mada.

Syafi'ie, M, 2014, Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas, LSM. Sigap : Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Disabilitas

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-28

Cara Mengutip

Suryaman, A., Husni Taufiq, O., & Nurulsyam Suparman, A. (2025). STRATEGI PELAYANAN DISABILITAS OLEH DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Otonomi , 2(1), 192–210. https://doi.org/10.25157/otonomi.v2i1.5659

Terbitan

Bagian

Articles