PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEER INSTRUCTION WITH STUCTURED INQUIRY (PISI) BERBASIS BUDAYA LOKAL BERORIENTASIKAN PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA
Kata Kunci:
Pengembangan, Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI), Budaya Lokal, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran matematika dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif dengan metode Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI) berbasis budaya lokal yang berorientasikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan metode PISI berbasis budaya lokal berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki beberapa karakteristik yaitu : a) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan menggunakan tahap metode PISI terdiri dari 2 bagian, yaitu Peer Instruction (Brief Lecture, Concept Test dan Remaining Explanation or Demonstration or Hands-On Activity) yang secara tidak langsung menuju ke tahapan Structured Inquiry (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration dan Evaluation); b) Masalah yang diselidiki dalam pembelajaran adalah masalah dengan konteks budaya lokal Ciamis; c) Penggunaan konteks budaya lokal menjadikan konsep pengetahuan matematika yang didapat siswa menjadi lebih bermakna dan siswa menjadi menyadari pentingnya matematika karena konsep matematika juga terdapat dalam aktifitas keseharian siswa; d) Instrumen yang digunakan dalam penilain hasil pembelajaran berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis.