PROFIL TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU MATEMATIKA TERINTEGRASI KARAKTER KONSERVASI MELALUI DYNAMIC ASSESMENT
Kata Kunci:
Karakter Konservasi, Konten Materi, Pedagogis, TPACK, TeknologiAbstrak
Pada abad 21 guru perlu memahami dan memiliki kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). TPACK adalah kerangka kerja/kerangka teoritis untuk mendesain model pembelajaran dengan mengintegrasikan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogis, dan konten. Upaya pengembangan keterampilan profesional dapat dilakukan melalui pembiasaan karakter pendidik dan calon pendidik dalam kesadarannya terhadap lingkungan. Pendidikan konservasi harus dilakukan dari usia dini hingga ke pendidikan tinggi. Hal ini diharapkan agar muncul kesadaran peserta didik terhadap konservasi sejak usia dini sehingga dapat menjadi suatu karakter. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) ditinjau dari karakter konservasi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif, dengan subjek adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Galuh tingkat akhir sebanyak 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket karakter konservasi dan lembar pengukuran TPACK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pengukuran TPACK calon guru matematika pada (1) indikator accepting sebanyak 3 orang; (2) indikator adapting sebanyak 13 orang; (3) indikator exploring sebanyak 7 orang; dan (4) indikator advancing sebanyak 3 orang. Secara keseluruhan level TPACK calon guru matematika berada pada level 3 yaitu adapting. Ini menunjukkan bahwa calon guru matematika mampu menentukan sikap untuk mengadopsi atau menolak belajar/mengajar matematika dengan teknologi/ICT yang sesuai. Sedangkan hasil penelitian karakter konservasi calon guru matematika memiliki kualitas sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa responden telah memiliki karakter konservasi yang dapat ditransformasikan dan dibiasakan kepada siswa ketika mengajar nanti.