ANALISIS BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP PENJUALAN GALENDO PADA GERAI OLEH-OLEH KHAS CIAMIS “SUKASENANG” CIAMIS

Authors

  • enjang nursolih UNIVERSITAS GALUH
  • Anisa Lisara Universitas Galuh
  • Roni Marsiana Suhendi Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.25157/jmt.v11i1.4240

Keywords:

Penjualan, Produk, Harga, Promosi, Distribusi

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada gerai oleh-oleh khas Ciamis “Sukasenang” Ciamis yang berlokasikan di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap penjualan lempuk durian dan kebijakan apa yang diambil perusahaan untuk meningkatkan penjualan galendo tersebut. Adapun pengambilan sampel menggunakan metode sampling Aksidental, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yakni siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti dan memenuhi syarat untuk dijadikan sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 71 orang. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS 17.00.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 13,105 > F tabel sebesar 2,35 maka hipotesis diterima. Maka model regresi menunjukkan bahwa secara simultan produk, harga, promosi dan distribusi mempengaruhi konsumen terhadap penjualan galendo pada gerai oleh-oleh khas Ciamis ”Sukasenang. Nilai R Square sebesar 0,443 yang artinya 44,3% produk, harga, promosi dan distribusi mempengaruhi konsumen terhadap penjualan galendo pada gerai oleh – oleh khas Ciamis, sedangkan sisanya (100% - 44,3% = 55,7%) dipengaruhi sebab-sebab lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Additional Files

Published

2024-09-12

How to Cite

nursolih, enjang ., Anisa Lisara, & Roni Marsiana Suhendi. (2024). ANALISIS BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP PENJUALAN GALENDO PADA GERAI OLEH-OLEH KHAS CIAMIS “SUKASENANG” CIAMIS. Jurnal Media Teknologi, 11(1), 28–39. https://doi.org/10.25157/jmt.v11i1.4240