PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN KAOS GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK DI UKM. CV. AL ROFHI “CIBEUREUM”
DOI:
https://doi.org/10.25157/jmt.v11i2.4792Keywords:
Strategi Pemasaran Produk Kaos,, Analisisis SWOTAbstract
CV. Al Rofhi merupakan perusahaan yang memproduksi konveksi kaos di kabupaten Tasikmalaya. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin ketat akan berdampak pada ketatnya persaingan bisnis. Hal ini juga berdampak pada bidang usaha yang bergerak di bidang konveksi kaos, salah satunya adalah CV. Al Rofhi. Guna menghadapi persaingan maka perusahaan harus merencanakan strategi yang tepat sehingga dapat menciptakan peluang bagi produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, untuk menyusun IFAS (Internal Factor Analysis Summer) dan EFAS (Eksternal Factor Analisis Summer) dan untuk mengetahui strategi pemasaran pada CV. Al Rofhi setelah di analisis dengan S.W.O.T (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Fenomena yang ada perusahaan menghadapi persaingan yang sengit ditandai dengan menjamurnya usaha konveksi kaos. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yaitu analisis yang mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara, dan pembagian kuisioner kepda konsumen CV. Al Rofhi yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian tersebut menunjukan nilai sebagai berikut: (1) hasil analisis IFAS adalah sebesar 4.00 bahwa posisi sangat menguntungkan bagi perusahaan, dimana faktor yang paling kuat pada internal perusahaan adalah kualitas produk yang terjamin. (2) Hasil analisis EFAS diperoleh skor sebesar 2,33 dimana posisi ini adalah menengah dari faktor eksternal perusahaan, artinya masih banyak perusahaan agar lebih mengoptimalkan peluang untuk meminimalkan ancaman yang ada. (3) Hasil matriks IE menunjukan posisi CV. Al Rofhi saat ini berada pada Kuadran 1 hal tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan dimana perusahaan memiliki peluang dan kekuatan yang sangat baik. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan