IMPLEMENTASI PROGRAM BEASISWA TI BUPATI (BESTI) OLEH PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Widdy Yuspita Widiyaningrum Program Studi Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Bale Bandung. Indonesia
  • Fachira Salsabila Program Studi Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Bale Bandung. Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v10i4.4444

Keywords:

Implementation, Scholarship, People's Welfare Sector of Bandung Regency

Abstract

This study aims to analyze the regent scholarship program (BESTI). The provision of the ti bupati scholarship (BESTI) aims to help ease the burden of tuition fees for students or students in pursuing undergraduate education (S1) with a UKT of Rp. 5,000,000 per semester. The provision of scholarships is carried out by the people's welfare sector of Bandung Regency to help underprivileged and outstanding students or students by fulfilling the requirements and policies provided by the Bandung Regency government with the condition of memorizing at least 1 juz Al-Qur'an and domiciled in Bandung Regency. This research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The research uses Edward III's theory, namely communication, resources, disposition and bureaucratic structure. The results showed that the implementation of the Regent's Scholarship Program (BESTI) has been running quite well as seen from the existence of good communication patterns, disposition and a clear bureaucratic structure. As for the obstacles and shortcomings in implementation, in this case it concerns the lack of maximum empowerment of government officials, especially those in charge of the Regent's Scholarship Program (BESTI), starting from the lack of Human Resources to the existence of a budget that is considered still unable to meet service needs.

References

Alawiyah, F. (2014). Pendidikan madrasah di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 51-58.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak.

Ali Roziqin, I. M. (2018). Implementasi Kebijakan Beasiswa Bidikmisi: Studi Kasus di Universitas Diponegoro. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 110-122.

Angga Putra Ramansyah, H. A. (2023). Implementasi Metode Electre Sebagai Sistem Pendukung Dalam Menentukan Beasiswa Murid Berbasis Web. Jurnal Informatika Multi, 225-230.

Apriandi, I. (2017). Implementasi Qanun Nomor 11 Tahun Tahun 2002 Tentang Syariat Islam di Kota Langsa. Doctoral dissertation, Universitas Medan Area.

Ayu, T. H. (2023). Dimensi Disposisi Atau Sikap Pelaksana Dalam Implementasi Ke-Bijakan Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) Dalam Mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Media Bina Ilmiah, 867-874.

Biro Kemahasiswaan & Alumni Itenas. (2023, February 16). PROGRAM BEASISWA TI BUPATI (BESTI). Retrieved from Itenas: https://kemahasiswaan.itenas.ac.id/program-beasiswa-ti-bupati-besti/#:~:text=A.,%2C%20APBD%20dan%2Fatau%20APBDes.

CNN Indonesia. (2024, February 16). Program Besti Pemkab Bandung Segera Dibuka, Siapkan 130 Kuota. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20240216205638-305-1063799/program-besti-pemkab-bandung-segera-dibuka-siapkan-130-kuota#

Dewi Ariyani, D. N. (2021). Peran Yayasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Cilacap. Jurnal Penelitian Agama , 239-259.

Hamali, A. Y. (2023). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Caps Publishing.

Hasibuan, A. A. (2021). Buku ajar patologi sosial. Jakarta: Kencana.

Ika Amelia, F. M. (2024). nalisis Sentimen Tanggapan Pengguna Media Sosial X Terhadap Program Beasiswa KIP-Kuliah dengan Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 2994-3003.

Indarti, E. P. (2017). Keefektifan Project Based Learning dengan Observasi pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi. Journal of Biology Education , 187-194.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 33-39.

Manzilati, A. (2017). Metodologi penelitian kualitatif: Paradigma, metode, dan aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Masrifah, A. C. (2020). Strategi komunikasi humas pemerintah kota surabaya dalam melayani dan menggali potensi masyarakat melalui media sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi , 1-16.

Mening Subekti, M. F. (2017). Pengaruh komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi terhadap efektifitas implementasi program bantuan operasional sekolah pada satuan pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tambak. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 58-71.

Mona Melinda, M. I. (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan , 202-216.

Muhammad Rizki Luthfi, S. A. (2023). Perancangan Aplikasi Menentukan Siswa Yang Mendapat Beasiswa Dengan Metode AHP (Studi Kasus: SMK PAB 1 Helvetia). Jurnal Armada Informatika , 266-273.

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi , 177-181.

Ningrum Yusuf Fauziah, H. B. (2017). Implementasi program sertifikasi guru dalam jabatan (studi pada Madrasah Aliyah negeri Ciparay Kabupaten Bandung). JANE-Jurnal Administrasi Negara, 43-50.

Pemerintah Kabupaten Bandung. (2024, August 11). Beasiswa Besti. Retrieved from Beasiswa ti Bupati (Besti): https://besti.bandungkab.go.id

Pranomo, J. (2020). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. Surakarta: UNISRI Press.

Rahmawati, A. (2024). Motivasi Belajar Mahasiwa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam Menyelesaikan Studi Lulus Tepat Waktu (Studi kasus pada Angkatan 2019 Jurusan Pendidikan Ekonomi). Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi.

Rika Yunitarini, A. D. (2015). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMBERIAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP) DAN ORESTE (STUDI KASUS: Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Simantec, 4(3).

Salma Yetti, A. F. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan terhadap Kebijakan Publik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 545-551.

Sawir, M. (2019). TINJAUAN MENGENAI FUNGSI BIROKRASI PEMERINTAHAN DI INDONESIA. Papua Review: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Ilmu Pemerintahan , 208-221.

Utomo, P. (2015). Analisis kontribusi pemberian beasiswa terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 67-87.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2896-2910.

Published

2024-11-28

How to Cite

, W. Y. W., & , F. S. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM BEASISWA TI BUPATI (BESTI) OLEH PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANDUNG. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 10(4), 772–787. https://doi.org/10.25157/moderat.v10i4.4444