EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI APLIKASI LAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL (MAKASSAR SMART CITY) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v11i4.5223Kata Kunci:
Efektivitas, Implementasi, Aplikasi digital, Smart City, Pelayanan publik, Kepuasan masyarakatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif penerapan aplikasi layanan publik yang berbasis digital dalam konteks Makassar Smart City dan pengaruhnya terhadap kepuasan masyarakat. Layanan digital seperti Rindu Capil, Smart RT/RW, Portal Pelayanan, dan Call 112 dirancang untuk meningkatkan efisiensi, akses, dan mutu layanan publik di Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data yang mengikuti model Miles dan Huberman. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan digital dalam layanan publik mempermudah akses dan meningkatkan efisiensi. Namun, efektivitas pelaksanaannya masih menghadapi berbagai tantangan. Beberapa rintangan utama meliputi kurangnya infrastruktur internet yang memadai, rendahnya kenyamanan penggunaan aplikasi oleh masyarakat umum, lambatnya respon lembaga terhadap pengaduan, dan kurangnya sosialisasi serta pemahaman tentang digital di komunitas. Selain itu, terungkap adanya perbedaan antara apa yang dijanjikan sistem dengan kenyataan layanan di lapangan, Dukungan dari pemerintah melalui program pelatihan, edukasi digital, dan peran ketua RT/RW sangat penting dalam mendorong penggunaan aplikasi secara merata dan berkelanjutan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa keberhasilan dalam transformasi digital di sektor pelayanan publik tidak hanya ditentukan oleh ketersediaan teknologi, tetapi juga dipengaruhi oleh kesiapan sumber daya manusia, kecepatan respon institusi, serta kerjasama antara berbagai tingkat pemerintahan dan masyarakat. Temuan dari studi ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk rekomendasi kebijakan bagi pemerintah Kota Makassar dalam meningkatkan strategi digitalisasi pelayanan publik menuju kota yang lebih cerdas, inklusif, dan partisipatif.
Referensi
Febrianti, W. (2016). Efektivitas Penerapan Layanan E-Puskesmas Di Kota Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.
Hardiyanti, S. D., & Purnamasari, C. A. (2019). Efektifitas Aplikasi Smart City Pada Pengguna Smartphone Untuk Mewujudkan Kota Nyaman Untuk Semua Di Kota Makassar. Jurnal Magister Ilmu Politik, 1–18. https://osf.io/preprints/inarxiv/62vx7/
Harlina, S., & Mustafa, M. S. (2018). Teknologi Informasi dalam Smart City di Makassar. Konferensi Nasional Sistem Informasi, 3(c), 812–817.
Herizal, H., Mukhrijal, M., & Wance, M. (2020). Pendekatan Akuntabilitas Pelayanan Publik Dalam Mengikuti Perubahan Paradigma Baru Administrasi Publik. Journal of Governance and Social Policy, 1(1), 24–34. https://doi.org/10.24815/gaspol.v1i1.17327
Jabbar Sangaji, M. S., Priyanti Noor, P. Z., & Navasari, S. (2021). Analisis Kebijakan Jakarta Smart City Menuju Masyarakat Madani. Journal of Government Insight, 1(2), 62–75. https://doi.org/10.47030/jgi.v1i2.306
Laili Dwi Agustina, Nur Fitri Ana Melati, Febian Ragil Prawesti, & Fierda Nurany. (2023). Smart City : Upaya Pembangunan Kota Surabaya. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 26(2), 98–112. https://doi.org/10.30649/aamama.v26i2.209
Mardiyah. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Qlue - Smart City Terhadap Pelayanan Keluhan Masyarakat (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Qlue Di Kota Tarakan Kalimantan Utara). Universitas Hasanuddin Makassar.
Muhammad, A. (2024). The Effectiveness Of Community Participation In Improving The Quality Of Public Services. International Journal of Social Science and Humanity, 5(1), 1050–1057.
Nurdiassa, A., Zulfikar, A., Rasyid, F., & Wulandari, A. T. (2021). Implementasi Kebijakan Smart City dalam Mewujudkan Makassar Kota Dunia. Journal of Public Administration and Government, 3(1), 37–46.
Nurhaidah, H. (2016). Kebijakan Pemerintahan Daerah Dalam Meningkatkan Pelayanan Makassar Sombere’ Smart City (Konsep Kepemimpinan Ideal Perspektif Al-Mawardi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Oktaviyani, W., & Nugraha, J. T. (2018). Inovasi Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Program Smart City Di Kota Magelang (Studi Kasus BAPPEDA Kota Magelang). (JMAN) ;Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, 02(01), 30–41.
Palenewen, J. D. O. (2019). Manajemen Pelayanan Publik : Tinjauan tentang Keadilan Akses Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.24076/jspg.v1i1.154
Saptadi, N. T. S., Sampe, F., (2019). Analisis Terhadap Persepsi Masyarakat Makassar Dalam Upaya Untuk Mewujudkan Tata Kelola Smart City. E-Jurnal Jusiti 7(April 2018), 34–42.
Syahputra Marpaung, I., Harianja, N., Hasibuan, M., & Harahap, R. (2023). Efektivitas Penerapan E-Government Dalam Mewujudkan Smart City. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 103–114. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.552
Syeftiani, T., & Saadah, M. A. (2023). Responsivitas Dan Transparansi Pemerintah Kota Yogyakarta Dalam Menangani Keluhan. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(1), 99–114. https://doi.org/10.25299/jiap.2023.vol9(1).12719
Wismansyah Rachadiono Arief. (2024). Perencanaan Strategis Dalam Pengembangan Smart City Kota Tangerang. Universitas Hasanuddin Makassar.
Wulandari, S. S. (2024). Evaluasi Usability Website Pemerintah Kota Makassar Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Universitas Hasanuddin Makassar.
Yudistira, M. (2024). Transformasi Digital dalam Mewujudkan Smart City di Kabupaten Pelalawan. Prosiding Seminar Nasional Akademik, 329–338.
Yunita, D., Purba, A., & Wardono, H. (2024). Inovasi dan Kota Cerdas: menuju Ibu Kota Negara (IKN) yang berkelanjutan. Jurnal Profesi Insinyur (JPI), 5(2), 2020–2024.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rijal, Jusman, Sukmawati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0

















