PARADIGMA PEMBANGUNAN EKONOMI DESA, ONE PERSON ONE PRODUCT, ONE VILLAGE ONE PRODUCT, ONE VILLAGE ONE CORPORATION
Array
DOI:
https://doi.org/10.25157/moderat.v7i2.2435Abstrak
Desa merupakan bagian penting dari negara. Kemajuan suatu negara ditentukan oleh kemajuan desa. Desa menjadi alat ukur penting dalam pembangunan nasional. Ironisnya, desa belum banyak mendapatkan perhatian baik dari pemerintah maupun dari stakeholder yang lain. Kemampuan daya beli dan daya jual masyarakat di pedesaan masih minim dalam mengembangkan kualitas hidup masyarakat. Saat ini, paradigma pembangunan ekonomi desa hanya sekedar dilihat dari aspek infrastruktur dan pembangunan yang bersifat fisik. Namun, paradigma pembangunan ekonomi desa belum banyak dilihat dari aspek kualitas hidup masyarakat terjamin, desa mandiri dan berkelanjutan, serta sejahtera jiwa dan raganya. Problem pembangunan desa selama ini masih fokus pada peningkatan dan pertumbuhan ekonomi. Hal ini yang menjadi kesenjangan desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mengeksplorasi paradigma pembangunan ekonomi desa yang berpijak pada One Person One Product, One Village One Product, One Village One Corporation. Metode penelitian ini dengan melakukan kajian teoritis dan studi lapangan yang dilakukan di Yogyakarta. Hasil dari kajian dan penelitian ini menunjukkan bahwa paradigma pembangunan ekonomi desa perlu membentuk kerangka berpikir dalam meletakkan paradigma pembangunan ekonomi desa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan © 2023 by Program Studi Ilmu Pemerintahan is licensed under CC BY-SA 4.0