PARADIGMA PEMBANGUNAN EKONOMI DESA, ONE PERSON ONE PRODUCT, ONE VILLAGE ONE PRODUCT, ONE VILLAGE ONE CORPORATION

Array

Penulis

  • Gunawan Sumodiningrat Universitas Gajah Mada
  • Hastangka Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.25157/moderat.v7i2.2435

Abstrak

Desa merupakan bagian penting dari negara. Kemajuan suatu negara ditentukan oleh kemajuan desa. Desa menjadi alat ukur penting dalam pembangunan nasional. Ironisnya, desa belum banyak mendapatkan perhatian baik dari pemerintah maupun dari stakeholder yang lain. Kemampuan daya beli dan daya jual masyarakat di pedesaan masih minim dalam mengembangkan kualitas hidup masyarakat. Saat ini, paradigma pembangunan ekonomi desa hanya sekedar dilihat dari aspek infrastruktur dan pembangunan yang bersifat fisik. Namun, paradigma pembangunan ekonomi desa belum banyak dilihat dari aspek kualitas hidup masyarakat terjamin, desa mandiri dan berkelanjutan, serta sejahtera jiwa dan raganya. Problem pembangunan desa selama ini masih fokus pada peningkatan dan pertumbuhan ekonomi. Hal ini yang menjadi kesenjangan desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mengeksplorasi paradigma pembangunan ekonomi desa yang berpijak pada One Person One Product, One Village One Product, One Village One Corporation. Metode penelitian ini dengan melakukan kajian teoritis dan studi lapangan yang dilakukan di Yogyakarta. Hasil dari kajian dan penelitian ini menunjukkan bahwa paradigma pembangunan ekonomi desa perlu membentuk kerangka berpikir dalam meletakkan paradigma pembangunan ekonomi desa

Diterbitkan

2021-05-31

Cara Mengutip

Sumodiningrat, G., & Hastangka. (2021). PARADIGMA PEMBANGUNAN EKONOMI DESA, ONE PERSON ONE PRODUCT, ONE VILLAGE ONE PRODUCT, ONE VILLAGE ONE CORPORATION: Array. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 7(2), 235–241. https://doi.org/10.25157/moderat.v7i2.2435

Terbitan

Bagian

Articles